Cemburu dengan Kesuksesan Teman? Atasi dengan 6 Cara Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 612 2317876 cemburu-dengan-kesuksesan-teman-atasi-dengan-6-cara-ini-9cOi4gdohJ.jpg Teman sukses (Foto: Medium Forge)

Menerima kabar baik dari seorang teman yang baru saja meraih kesuksesan kadang menyesakkan dada. Apakah kamu merasakan hal ini?

Jika iya, berarti kamu cemburu dengan kesuksesaj teman baikmu. Perlu diketahui, cemburu dengan kesuksesan teman bukanlah sikap yang baik dan hanya akan menyiksa batinmu sendiri. Coba belajar menyingkirkan rasa cemburumu itu ya

Melansir dari Bustle, rasa cemburu atau iri timbul karena adanya sifat rendah diri, insecure, ketergantungan, posesif. Untuk mengatasinya cobalah beberapa cara berikut.

cemburu dengan teman sukses

1. Pahami rasa cemburu Anda

Pahamilah rasa iri Anda. Akui bahwa Anda iri dan cemburu. Namun tak usah menyalahkan diri Anda. Perasaan iri itu sangat normal tetapi tak boleh dibiarkan.

2. Ingatlah kebahagiaan mereka tidak menyakiti Anda

Selalu ingat bahwa kita berada di dunia bukan untuk berkompetisi. Namun hanya berusaha melakukan yang terbaik untuk diri sendiri. Kesuksesan teman Anda tidak akan mempengaruhi peluang Anda untuk bahagia.

 

3. Cari penyebab iri Anda

Jangan menyalahkan teman Anda. Namun gunakanlah momen ini untuk mencari tau penyebab rasa iri itu. Apakah karena Anda rendah diri? Kalau memang begitu maka cari akarnya dan sembuhkanlah. Misalnya pergi ke psikolog atau terapis.

4. Fokus pada hidupmu sendiri

Alih-alih hanya terbuai rasa iri terhadap teman, lebih baik hargai apa yang Anda miliki. Lebih baik Anda fokus pada kehidupan Anda daripada memikirkan hidup orang lain. Buat apa?

5. Atasi stres

Seperti kata seorang psikolog, kecemburuan adalah respons stres. Jika Anda merasa cemas dan kewalahan, perasaan cenderung tak terbendung. Atasilah dengan berolahraga, meditasi, dan dapatkan dukungan.

Baca juga: Pesona Shineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Tersebar

6. Tak usah membandingkan diri dengan orang lain

Terus membandingkan diri Anda terhadap teman yang sukses adalah tindakan yang tidak sehat. Anda akan semakin terpuruk, ingatlah setiap manusia dilahirkan dengan jalan takdirnya masing-masing. Jadi berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini