Manfaat Tomat yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Tingkatkan Penglihatan Mata

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 30 November 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 298 2318910 manfaat-tomat-yang-jarang-diketahui-salah-satunya-tingkatkan-penglihatan-mata-RHLZkFu5k3.jpg Manfaat tomat (Foto: Pixabay)

Tomat merupakan buah sekaligus sayur yang disukai banyak orang. Walaupun rasanya asam dan menyegarkan tomat memiliki berbagai manfaat dan khasiat.

Lalu apa saja manfaat tomat? Seperti dilansir dari Health, berikut ini manfaat tomat. Apa saja?

 tomat

1. Meningkatkan penglihatan Anda

Likopen bagus untuk mata Anda. Itu bukan satu-satunya nutrisi pelindung mata pada tomat, mereka mengandung lutein dan beta-karoten juga. Menurut penelitian, nutrisi tersebut mendukung penglihatan dan melindungi dari kondisi mata termasuk katarak dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Air dan serat dalam tomat dapat membantu jika Anda mengalami masalah pencernaan.

3. Membantu penderita diabetes

Tomat dapat menjadi pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang dilengkapi dengan tomat selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid yaitu reaksi berantai di mana zat radikal bebas menyerang lemak, yang menyebabkan diabetes yang parah.

3. Sumber vitamin

Tomat adalah sumber vitamin yang bagus. Tomat tunggal dapat menyediakan sekitar 40% dari vitamin C minimum yang diterima setiap hari. Terlebih lagi, tomat mendukung vitamin A, yang baik untuk penglihatan, dan kesehatan kulit, vitamin K, yang baik untuk tulang Anda, dan kalium, nutrisi utama untuk fungsi jantung, kontraksi otot, serta menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan yang sehat.

Baca juga: Pesona Kecantikan Amanda Manopo si Andin Sinetron Ikatan Cinta

4. Melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Penelitian menunjukkan bahwa kadar likopen dalam darah yang lebih tinggi terkait dengan tingkat kematian yang lebih rendah untuk orang dengan sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini