4 Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Apa Saja?

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 30 November 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318542 4-manfaat-buncis-untuk-kesehatan-apa-saja-Zz7Qp8hVqE.jpg (Foto: Fairfood)

Buncis merupakan sumber yang kaya vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Mereka memiliki manfaat nutrisi yang mirip dengan kacang polong dan okra.

Manfaat buncis ternyata begitu banyak. Selain lezat, sayuran yang sering ditemui di "warteg" dan warung makan kaki lima ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Berikut ini beberapa manfaat buncis untuk kesehatan, dilansir dari Medical News Today.

1. Kanker

Buncis mengandung banyak klorofil. Hal ini dapat menghalangi efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi. Individu yang lebih suka makanan panggang gosong harus memasangkannya dengan sayuran hijau untuk mengurangi risiko.

 

2. Kesuburan dan Kehamilan

Buncis adalah sumber zat besi yang baik. Bagi wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber nabati seperti bayam, kacang-kacangan, labu, dan kacang hijau tampaknya meningkatkan kesuburan.

 Buncis merupakan sumber yang kaya vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

3. Mengatasi Depresi

Memenuhi kebutuhan folat harian juga dapat membantu mengatasi depresi. Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Terlalu banyak homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak, dan dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang membuat perasaan senang, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

4. Kesehatan Tulang

Asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Konsumsi vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin. Satu cangkir kacang hijau menyediakan 14,4 mikrogram vitamin K, atau hampir 20 persen dari kebutuhan harian, 4 persen dari kebutuhan kalsium harian seseorang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini