6 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk, Mulai Madu hingga Nanas

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 30 November 2020 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318561 6-bahan-alami-untuk-mengobati-batuk-madu-hingga-nanas-sYXkITs5gq.jpg Madu. (Foto: Fancycravel1/Pixabay)

MENDERITA batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari hingga menurunkan kekuatan tubuh. Tapi sebenarnya batuk juga berguna untuk membersihkan iritasi dan infeksi tubuh.

Menurut laporan Medical News Today, ada banyak penyebab batuk, alergi, infeksi, dan refluks asam. Untuk mengobatinya perlu diketahui dengan jelas kandungan yang ada di dalam ramuan tersebut agar tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh dari Orang Batuk dan Bersin 

Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk ringan.

1. Teh madu

Menurut studi, madu memberikan kelegaan paling signifikan untuk meredakan batuk daripada dekstrometorfan. Meskipun khasiatnya sedikit, madu banyak digunakan oleh para ibu saat mengobati anak yang batuk. Campurkan dua sendok teh madu dengan secangkir teh hangat. Konsumsi dua kali sehari. Jangan diberikan kepada anak di bawah 1 tahun.

2. Jahe

Jahe memiliki antiinflamasi yang bisa meredaka batuk kering dan asma. Menurut studi, antiinflamasi pada jahe dapat mengendurkan membaran di saluran udara yang dapat mengurangi batuk. Tambahkan irisan jahe pada secangkir air hangat, dan tunggu beberapa detik sebelum diminum. Beri perasan lemon atau madu untuk meningkatkan rasa.

Batuk

Baca juga: 5 Herbal Paling Ampuh Meredakan Batuk, Apa Saja? 

3. Cairan hangat

Cairan hangat bisa memberikan efek meredakan bagi mereka yang pilek, batuk, sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan. Tetap terhidrasi penting sekali saat terkena batuk. Cairan hangat ini bisa berbentuk air putih hangat, kaldu bening, teh, dan jus buah.

4. Uap

Uap bisa digunakan untuk jenis batuk berdahak. Berendamlah di air panas dan biarkan uapnya mengisi kamar mandi. Atau bisa juga dengan menghirup uap dari mangkuk air panas yang dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih.

5. Air garam

Air garam bagus untuk batuk berdahak. Cara paling sederhana dan salah satu yang paling efektif ini bisa meredakan batuk dengan mencampurkan segelas air hangat dan garam. Setelah garam larut, tunggu hingga suhu menjadi dingin dan berkumur. Hindari memberikan kepada anak kecil karena berbahaya.

Baca juga: Batuk Pasien TBC Bisa Mengandung Lebih dari 10 Ribu Bakteri Lho 

6. Nanas

Nanas memiliki enzim bromelain yang menyediakan antiinflamasi. Jus nanas bisa mengurangi dahak di tenggorokan dan meredakan batuh. Tapi akan lebih mudah jika meminum suplemen bromelainnya saja karena dinilai lebih efektif. Pastikan untuk mengecek alergi terhadap enzim ini dan sedang tidak mengonsumsi obat pengencer darah atau antibiotik.

Baca juga: Sakit Tenggorokan saat Hamil? Atasi Saja dengan 4 Cara Alami Ini 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini