7 Cara Alami Cegah Sakit Tenggorokan, Gunakan Air Garam hingga Bawang Putih

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 30 November 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318736 7-cara-alami-cegah-sakit-tenggorokan-gunakan-air-garam-hingga-bawang-putih-yKkHa9Jfo6.jpg Ilustrasi sakit tenggorokan. (Foto: Shutterstock)

SAKIT tenggorokan biasanya menimbulkan rasa gatal atau iritasi. Akan terasa lebih sakit ketika coba menelan makanan atau minuman. Bahkan sakit tenggorokan bisa membuat tidur tidak nyenyak.

Namun ternyata sakit tenggorokan bisa diatasi secara alami di rumah. Berikut 7 cara mencegah sakit tenggorokan secara alami, seperti dilansir dari Healthline.

Baca juga: Daftar Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan, Apa Saja? 

1. Madu

Madu yang dicampur dengan teh atau dikonsumsi sendiri adalah obat rumah tangga yang umum untuk sakit tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif dalam menjinakkan batuk pada malam hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh efektif untuk luka, berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Air garam juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Buat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan. Ini harus dilakukan setiap tiga jam atau lebih.

3. Teh chamomile

Teh chamomile secara alami menenangkan. Ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Ini sering digunakan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zatnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup uap kamomil dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan Anda.

Baca juga: Sakit Tenggorokan Gak Boleh Makan Es, Benarkah Demikian? 

4. Peppermint

Peppermint dikenal dengan kemampuannya dalam menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint yang diencerkan juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

5. Kumur soda kue

Meskipun obat kumur air asin lebih umum digunakan, berkumur soda kue yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berkumur larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur. Dengan cara berkumur dan mengoleskan dengan lembut kombinasi 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam.

Baca juga: Sakit Tenggorokan? Coba Sembuhkan dengan 3 Ramuan Teh Ini 

6. Cuka sari apel

Cuka sari apel (ACV) memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Karena sifatnya yang asam, ia dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Jika Anda merasa sakit tenggorokan datang, coba encerkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air dan berkumur dengannya. Kemudian minum sedikit campurannya, dan ulangi seluruh proses satu hingga dua kali per jam. Pastikan untuk minum banyak air di antara sesi berkumur.

7. Bawang putih

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal mampu melawan infeksi. Peneliti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan Anda juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan khasiat antimikroba.

Baca juga: Sup Ayam hingga Bawang Putih, Makanan yang Ampuh Redakan Radang Tenggorokan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini