5 Manfaat Susu, Kaya Nutrisi hingga Cegah Kenaikan Berat Badan

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 30 November 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318746 5-manfaat-susu-kaya-nutrisi-hingga-cegah-kenaikan-berat-badan-OomYtIHyTX.jpg (Foto: Zeenews)

Susu adalah minuman bernutrisi yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Minuman yang satu ini memiliki beragam khasiat karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Dilaporkan Healthline, susu menjadi topik perdebatan apakah sehat atau berbahaya dan terbukti dalam 5 konklusi berikut.

1. Kaya nutrisi

Kandungan nutrisi susu bervariasi, tergantung pada faktor kandungan lemak, pengobatan, dan pola makan asalnya. Misalnya susu dari sapi yang lebih banyak makan rumput mengandung asam linoleate terkonjugasi dan asam lemak omega 3 yang lebih tinggi.

Susu sapi organik mengandung jumlah antioksidan lebih banyak, seperti vitamin E dan beta karoten yang membantu mengurangi dan melawan stres oksidatif.

Tapi umumnya, susu sapi menyediakan banyak vitamin dan mineral. Termasuk potasium, vitamin B12, kalsium, dan vitamin D. Susu menjadi sumber vitamin A, magnesium, seng, dan B1 yang baik.

2. Sumber protein berkualitas

Secangkir susu mengandung 8 gram protein yang banyak dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan sel dan regulasi sistem kekebalan. Protein lengkapnya meliputi sembilan asa amino esensial yang diperlukan tubuh untuk berfungsi secara optimal. Minum susu dapat mengurangi risiko kehilangan otot terkait usia dan baik dikonsumsi setelah berolahraga.

3. Baik untuk tulang

Susu memiliki nutrisi utama untuk menjaga kehatan dan kekuatan tulang. Diimbangi dengan kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2. Menambahkan susu ke dalam makanan dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

 Susu adalah minuman bernutrisi yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

4. Mencegah kenaikan berat badan

Susu murni mengandung komponen yang dapat membantu pencegahan naiknya berat badan. Proteinnya membuat rasa kenyang lebih lama, asam linoleate terkonjungsi dapat memecah dan menghambat produksi lemak.

5. Bervariasi

Tidak ada batasan dalam cara mengonsumsi susu. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Campurkan pada smoothie untuk digabungkan dengan buah dan sayuran, oatmeal sebagai alternatif air panas, kopi atau teh untuk dorongan nutrisi yang bermanfaat, dan sup untuk menambah rasa dan tekstur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini