6 Manfaat Cokelat Hitam, Salah Satunya Mengurangi Depresi

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 30 November 2020 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318759 6-manfaat-cokelat-hitam-salah-satunya-mengurangi-depresi-VOIy0fiNDD.jpg Cokelat hitam. (Foto: Alexander Stein/Pixabay)

COKELAT adalah makanan kesukaan banyak orang. Buktinya banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung cokelat.

Selain itu, cokelat juga dinilai berperan sebagai penawar rasa sedih. Tapi ada sebagian orang takut akan efek terlalu banyak memakan cokelat yang bisa meningkatkan berat badan dan membuat gigi rusak.

Baca juga: 5 Rekomendasi Camilan yang Tak Bikin Gemuk 

Tidak perlu khawatir lagi untuk makan cokelat setiap hari, terutama cokelat hitam (dark chocolate). Sudah banyak hasil penelitian terhadap manfaat makanan satu ini jika dimakan dalam porsi yang tepat.

Berikut ini beberapa manfaat cokelat hitam, seperti dilansir Everyday Health.

1. Menghindari penyakit jantung dan stroke

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa cokelat hitam berperan dalam kesehatan jantung. Orang yang makan lebih banyak cokelat hitam per hari bisa terbantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Flavonoid yang dikandungnya berperan membantu menghasilkan oksida nitrat yang bisa menenangkan pembuluh darah dan tekanan darah turun.

2. Mengurangi depresi

Studi menyatakan mengonsumsi cokelat hitam dalam konsentrasi tinggi bisa memberikan manfaat pada otak. Memakan 48 gram dengan 70 persen kakao cokelat jenis ini efektif merangsang aktivitas saraf otak dalam memberikan kesenangan dan penghargaan. Maka dipercaya untuk mengurangi depresi, meningkatkan ingatan, dan memperbaiki suasana hati.

Baca juga: Anak Keempat Sakit, Oki Setiana Dewi Dapat Doa dari Palestina

3. Meningkatkan kadar gula darah

Tidak semua cokelat yang dikonsumsi berbahaya. Salah satunya cokelat hitam yang memiliki konsentrasi kakao tinggi. Menurut penelitian, kandungan ini bisa meningkatkan metabolisme glukosa pada tubuh dan mengurangi risiko perkembangan diabetes.

4. Menurunkan berat badan

Seorang dokter mengatakan dalam bukunya jika memakan sedikit cokelat hitam sebelum atau sesudah makan bisa memberikan sinyal rasa kenyang kepada otak. Cokelat hitam berperan untuk mengatur selera makan yang bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Mencegah kanker

Kandungan antioksidannya melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa merujuk pada kanker. Penelitian menyatakan flavonoid (epicatechin dan quercetin) dan antioksidan yang ada pada cokelat hitam akan menurangi risiko terkena kanker pada orang yang mengonsumsinya.

6. Bagus untuk kulit

Cokelat hitam diperkaya vitamin dan mineral. Mangannya mendukung produksi kolagen yang dapat menjaga kulit tampak muda dan sehat. Kalsium membantu memperbaiki dan memperbarui kulit. Antioksidannya juga dapat melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, meningkatkan elastisitas kulit.

Baca juga: Lezatnya Coffee Chocolate Cake, Ini Cara Bikinnya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini