5 Manfaat Lobster bagi Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Kurangi Radang

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318811 5-manfaat-lobster-bagi-kesehatan-turunkan-berat-badan-hingga-kurangi-radang-8aujDk6OFT.jpg Lobster. (Foto: Ylvers/Pixabay)

LOBSTER merupakan hewan bercapit dari keluarga crustacean besar laut. Lobster kini berperan sebagai penganan berkelas di restoran dan komoditi bisnis. Namun ternyata lobster juga memiliki nutrisi baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Lobster memang termasuk makanan dengan harga mahal, tapi jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikan, rasanya cukup sebanding. Lalu apa saja sih manfaat dari mengonsumsi lobster untuk kesehatan manusia?

Baca juga: Yuk Masak Lobster Saus Padang, Lezat dan Rasanya "Nendang" 

Berikut ini di antaranya, sebagaimana dirangkum dari The Joint, Senin (30/11/2020).

1. Kaya protein

Seberat 3 ons daging lobster menyediakan lebih dari 30 persen asupan protein harian. Guna melengkapi 4 sehat 5 sempurna makanan, salah satunya protein bisa ditemukan pada daging-dagingan. Tapi kebanyakan daging tinggi akan lemak. Sementara pada lobster ditemukan lemak jenuh yang lebih rendah dan tetap tinggi protein.

Lobster. (Foto: Meritt Thomas/Unsplash)

2. Turunkan berat badan

Lobster memiliki kalori yang lebih sedikit dan memiliki asam lemak omega 3 yang bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Tiroid yang sehat

Lobster mengandung selenium yang dapat mengatasi tiroid. Zat ini bertindak sebagai antioksidan dan membantu tiroid menyerap apa yang dibutuhkannya untuk bekerja sambil mencegah kerusakan sel.

Baca juga: Apa Sebabnya Harga Lobster di Restoran Begitu Mahal? 

4. Menyembuhkan anemia

Rendahnya zat besi pada penderita anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi lobster yang mengandung tembaga ini. Tembaga dapat meningkatkan kadar zat besi mereka.

5. Mengurangi peradangan

Lemak dan protein pada lobster dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Asam lemak omega 3 yang juga apa pada daging lobster ini dapat menjaga keseimbangan kadar kolsterol dan membantu meningkatkan senyawa pelindung tubuh. Baik untuk mereka yang mengalami gejala artritis.

Perlu diingat untuk mengonsumsinya dalam porsi sehat, mungkin 6 kali dalam sebulan. Sebab, lobster mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi daripada kebanyakan seafood lain.

Baca juga: Resep Lobster Panggang Lezat, Makanan Mewah ala Restoran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini