Begini Cara Tidur dalam Hitungan Detik, Penderita Insomnia Wajib Baca!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 30 November 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318909 begini-cara-tidur-dalam-hitungan-detik-penderita-insomnia-wajib-baca-wWR96OtxJN.jpg Ilustrasi gangguan tidur (Foto: Medicaldaily)

Apakah Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk tertidur? Tindakan berusaha terlalu keras untuk tidur bisa membuat Anda cemas dan membuat pikiran tetap terjaga.

Ketika pikiran Anda tidak bisa tidur, tubuh juga tidak mungkin tidur. Ada beberapa trik ilmiah yang dapat memandu tubuh Anda menciptakan rasa kantuk. Melansir Times of India, berikut 3 cara mudah yang akan membuat Anda tertidur dalam waktu singkat.

Cara tidur dalam 10 detik

Tertidur dalam 10 detik memang terasa tidak mungkin. Tetapi dengan latihan, Anda akhirnya bisa membiasakannya. Metode ini membutuhkan waktu 120 detik untuk tidur tetapi 10 detik terakhir benar-benar yang diperlukan untuk akhirnya tertidur. Metode tersebut dinamakan metode militer.

Metode militer

Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat membuat rutinitas untuk membantu pilot tertidur dalam 2 menit, bahkan kurang. Pilot membutuhkan 6 minggu latihan tetapi metode ini berhasil bahkan setelah minum kopi. Latihan ini dikatakan berhasil bahkan untuk orang yang perlu tidur sambil duduk.

Metode tidur militer

Langkah 1: Rilekskan wajah Anda termasuk otot bagian dalam mulut Anda.

Langkah 2: Lepaskan ketegangan dari bahu Anda dan jatuhkan di samping tubuh Anda.

Langkah 3: Rilekskan dada Anda diikuti dengan merilekskan paha, betis, dan kaki Anda.

Langkah 4: Bayangkan pemandangan yang menenangkan dan bersihkan pikiran Anda.

Langkah 5: Jika Anda tidak dapat membayangkan sebuah adegan, katakan pada diri Anda sendiri, 'jangan berpikir' berulang-ulang selama 10 detik.

Cara tidur dalam 60 detik

Metode pernapasan 4-7-8 membantu Anda tertidur dalam 60 detik. Jika Anda memiliki masalah pernapasan, tanyakan kepada dokter Anda sebelum mencoba teknik ini karena ini dapat memperburuk gejala Anda.

 Tindakan berusaha terlalu keras untuk tidur bisa membuat Anda cemas dan membuat pikiran tetap terjaga.

Baca juga: Bayi Bisa Lahir dengan Antibodi Covid-19, Ini Penjelasannya

Bagaimana melakukan pernapasan 4-7-8

Langkah 1: Untuk melakukan teknik ini, letakkan ujung lidah Anda di atap mulut Anda, di belakang gigi depan Anda. Tutupi bibir Anda dan pertahankan lidah Anda seperti itu sepanjang waktu.

Langkah 2: Biarkan bibir Anda sedikit terbuka dan buat suara mendesing saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.

Langkah 3: Tutup bibir Anda, tarik napas tanpa suara melalui hidung dan hitung sampai 4 di kepala Anda.

Langkah 4: Tahan napas selama 7 detik, buang napas dengan suara mendesing selama 8 detik.

Langkah 5: Jangan mencoba terlalu waspada saat berlatih teknik pernapasan.

Langkah 6: Ulangi ini empat kali. Santai dan biarkan tubuh Anda tidur jika Anda merasa bahwa tidur datang lebih awal dari yang diantisipasi.

Cara tidur dalam 120 detik

Jika dua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda perlu mencoba metode ini.

Cobalah untuk tetap terjaga. Bisa juga disebut sebagai niat paradoks, menyuruh diri sendiri untuk tetap terjaga bisa menjadi cara mudah untuk tertidur. Bagi orang yang menderita masalah tidur, berusaha keras untuk tidur dapat meningkatkan kecemasan dan tidak membiarkan mereka tidur.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berpartisipasi dalam niat paradoks tertidur lebih cepat daripada orang yang tidak berpartisipasi. Berusaha keras untuk tetap terjaga bisa membuat Anda tidur dalam waktu kurang dari dua menit.

Jika Anda sering stres karena berusaha tidur, hentikan dan cobalah untuk tetap terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini