Deretan Manfaat Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui

Novia, Jurnalis · Senin 30 November 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318928 deretan-manfaat-bawang-putih-yang-perlu-anda-ketahui-ukzvJxdArF.jpg (Foto: Shutterstock)

Bawang putih biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Bawang putih ternyata memiliki beragam khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih seperti dilansir dari Cleveland Clinic.

Dapat melawan jamur

Bawang putih juga melawan jamur. Jika Anda menderita penyakit kaki atlet, rendam kaki Anda dalam air bawang putih atau oleskan bawang putih mentah pada kaki Anda untuk melawan jamur penyebab gatal.

Meningkatkan kekebalan

Bawang putih tampaknya membunuh sel kanker. Menurut Studi Kesehatan Wanita Iowa, yang melibatkan 41.000 wanita paruh baya, mereka yang rutin makan bawang putih, buah-buahan, dan sayuran memiliki risiko kanker usus besar 35 persen lebih rendah.

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Bawang putih dapat berdampak positif pada arteri dan tekanan darah Anda karena sel darah merah mengubah sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida yang melebarkan pembuluh darah kita, sehingga lebih mudah mengatur tekanan darah dan lebih sehat bagi kardiovaskular.

 Bawang putih ternyata memiliki beragam khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Joe Biden Patah Tulang, Ini 7 Asupan bagi Kesehatan Tulang

Bekerja sebagai anti-inflamasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak bawang putih bekerja sebagai anti-inflamasi. Jadi, jika Anda memiliki sendi atau otot yang sakit dan meradang, gosok dengan minyak.

Membuat rambut dan kulit jadi lebih baik

Sifat antioksidan dan antibakteri bawang putih dapat membersihkan kulit Anda dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Beberapa data menunjukkan mengoleskan bawang putih mentah pada jerawat dapat menghilangkannya. Namun dengan begitu Anda akan merasa sensasi terbakar pada kulit Anda.

Dapat melindungi makanan Anda

Sifat antibakteri yang sama pada bawang putih segar dapat membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, termasuk salmonella dan E. coli. Namun, jangan gunakan bawang putih sebagai pengganti sanitasi makanan dan penanganan makanan yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini