Khasiat Jus Wortel, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Kesehatan Jantung

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 30 November 2020 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318938 khasiat-jus-wortel-tingkatkan-kekebalan-tubuh-hingga-kesehatan-jantung-UMHF4Cv8Rr.jpg (Foto: Londolozi)

Jus wortel baik untuk kesehatan tubuh manusia. Apabila jus wortel dikonsumsi setiap hari, tentu ini akan menyehatkan tubuh.

Seperti diketahui, wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Tidak hanya itu, wortel juga menyediakan kalium dan vitamin C tetapi juga sangat kaya akan provitamin A.

Biasanya wortel diolah dengan cara dimasak atau dijus sebagai makanan dan minuman yang sehat. Nah, ternyata dalam jus wortel juga memiliki manfaat lainnya.

Berikut 6 manfaat jus wortel, seperti dilansir dari Healthline.

Meningkatkan kekebalan

Jus wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal bebas.

Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% DV dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons kekebalan yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan kekebalan yang melemah.

Meningkatkan kesehatan mata

Jus wortel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi mata Anda. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata.

Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung pro-vitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia. Terlebih lagi, jus wortel adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik.

Terdapat efek antikanker

Jus wortel dapat melindungi tubuh dari kanker. Secara khusus, poliasetil, beta karoten, dan lutein dari ekstrak jus wortel mungkin efektif melawan sel leukemia. Tidak hanya itu dalam penelitian menemukan bahwa mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam menyebabkan kematian sel kanker dan menghentikan siklus pertumbuhan sel.

 Jus wortel baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

Meningkatkan kontrol gula darah

Minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Secara khusus, penelitian mengatakan, diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel yang difermentasi menurunkan gula darah dan meningkatkan penanda terkait lainnya. Itu karena jus mengandung probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan yang mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.

 

Meningkatkan kesehatan kulit

Nutrisi dalam jus wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Jus wortel menyediakan vitamin C dan beta karoten, dua antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan. Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, yang memperkuat kulit.

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Jus wortel dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Jus wortel merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah yang tepat.

Kalium dan antioksidan dalam jus wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini