10 Manfaat Bawang Putih, Turunkan Kolesterol hingga Sehatkan Tulang

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 30 November 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2318956 10-manfaat-bawang-putih-turunkan-kolesterol-hingga-sehatkan-tulang-dv8tSQvMxd.jpg Bawang putih. (Foto: Stevepb/Pixabay)

BAWANG putih dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit. Kemudian ilmu pengetahuan modern baru-baru ini mengonfirmasi banyak manfaat bawang putih terhadap kesehatan.

Selain digunakan sebagai bahan makanan, bawang putih bisa dipakai sebagai pengobatan alami untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat bawang putih menurut hasil penelitian, seperti dikutip dari Healthline.

Baca juga: Deretan Manfaat Bawang Putih yang Perlu Anda Ketahui 

1. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan hasil penelitian, bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan LDL. Bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi, suplemen bawang putih dapat mengurangi kolesterol total dan/atau LDL sekira 10 hingga 15 persen.

2. Mengandung senyawa yang ampuh jadi obat

Selain allicin, senyawa diallyl disulfide dan s-allyl cysteine yang terkandung dalam bawang putih memberikan efek biologis yang kuat melalui saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh.

Bawang putih.

3. Bergizi tapi sedikit kalori

Satu siung (3 gram) bawang putih mentah mengandung Mangan 2 persen dari Nilai Harian (DV), Vitamin B6 2 persen dari DV, Vitamin C 1 persen dari DV, Selenium 1 persen dari DV, dan Serat 0,06 gram.

Jumlah kalsium, tembaga, kalium, fosfor, besi, dan vitamin B1 yang cukup banyak. Totalnya ada 4,5 kalori; 0,2 gram protein; dan 1 gram karbohidrat.

Baca juga: Kaya Keratin, 3 Makanan Ini Jaga Kita Awet Muda Lho 

4. Dapat melawan penyakit

Suplemen bawang putih dikenal dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, termasuk mengatasi pilek. Bisa menambahkan bawang putih ke dalam makanan jika Anda sering masuk angin.

5. Menurunkan tekanan darah

Penelitian telah menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki dampak signifikan pada penurunan tekanan darah terhadap orang dengan tekanan darah tinggi. Dosis suplemen harus cukup tinggi untuk mendapatkan efek yang diinginkan, sekira 4 siung bawang putih per hari.

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti alzheimer dan demensia.

7. Membantu hidup lebih lama

Efek menguntungkan pada faktor risiko penting seperti tekanan darah, bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama.

8. Meningkatkan kinerja atletik

Dari sebuah penelitian, orang dengan penyakit jantung yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu mengalami penurunan 12 persen pada detak jantung puncak dan kapasitas olahraga yang lebih baik.

9. Detoksifikasi tubuh

Senyawa sulfur dalam bawang putih telah terbukti melindungi dari kerusakan organ akibat toksisitas logam berat.

10. Meningkatkan kesehatan tulang

Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (sama dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen. Bawang putih dan bawang merah mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada osteoartritis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini