8 Cara Melindungi Diri dari Covid-19 Ketika Anggota Keluarga Terpapar

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2319000 8-cara-melindungi-diri-dari-covid-19-ketika-anggota-keluarga-terpapar-UAotGotgME.jpg Pandemi Covid-19 (Le Devoir)

Beberapa orang yang dinyatakan positif terkena Covid-19 mengalami gejala-gejala tertentu. Bahkan, ada juga yang tidak mengalami gejala apapun tapi dinyatakan terpapar Covid-19 atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG).

Ketika salah satu anggota keluarga dinyatakan positif Covid-19, tentu menimbulkan rasa khawatir terhadap kondisi anggota keluarga, maupun kondisi diri sendiri.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan panik. Untuk membantu dan merawat pasien Covid-19 sekaligus menjaga diri Anda tetap aman, coba beberapa tips berikut dari para ahli seperti dilansir dari Health Line.

 tes Covid-19

1. Ikuti tes

Jika seseorang di rumah Anda terpapar Covid-19, Anda bisa segera lakukan tes PCR Covid-19. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda tertular atau tidak. Jika hasilnya negatif, Anda tetap harus berhati-hati dan jangan meremehkan.

2. Batasi kontak dengan pasien

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan, bahwa penderita Covid-19 harus memisahkan diri dari orang lain di rumah. Jika memungkinkan, pengidap Covid-19 harus menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah.

Jaga jarak setidaknya 1 meter dari pasien. Namun, Anda tetap bisa merawat orang tersebut dengan membawakan makanan dan hindari kontak terlalu lama di dalam ruangan.

3. Biarkan jendela tetap terbuka

Untuk meningkatkan ventilasi di rumah Anda, biarkan jendela tetap terbuka semaksimal mungkin. Hal ini juga membantu agar virus tidak mengendap di dalam ruangan.

4. Gunakan masker

Menurut ahli, orang yang sakit harus memakai masker saat berada di sekitar orang lain, dan siapa pun yang tinggal bersama mereka harus memakai masker atau penutup wajah juga. Meskipun tidak menjamin perlindungan 100%, tetapi hal ini bisa mencegah dan berpeluang kecil Anda tertular. Anda bisa menggunakan masker medis atau kainyang berlapis 3.

5. Cuci tangan dan gunakan desinfektan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di dekat orang yang sakit. Gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.

Bersihkan barang-barang sekitar dengan desinfektan, terutama yang sering disentuh. Seperti gagang pintu, tangga, atau meja.

6. Konsumsi makanan sehat

Jaga pola makan dan bila perlu konsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Konsumsi buah dan sayur, juga air mineral yang cukup.

7. Andalkan sumber terpercaya

Sumber tepercaya yang didukung oleh para ahli terkait informasi dan rekomendasi Covid-19 adalah dokter atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Baca juga: Pesona Kecantikan Amanda Manopo si Andin Sinetron Ikatan Cinta

8. Beritahu teman

Wajar jika mengalami berbagai emosi seperti sedih, cemas, dan takut. Anda bisa curhat kepada teman Anda yang bisa dipercaya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini