Kasus Covid-19 Meningkat, RSD Wisma Atlet Sanggup Tampung Pasien hingga Akhir Tahun?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 30 November 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2319032 kasus-covid-19-meningkat-rsd-wisma-atlet-sanggup-tampung-pasien-hingga-akhir-tahun-IMKRAKIAF5.jpg RSD Wisma Atlet (Foto : Dok.Okezone)

Indonesia kembali mengalami pecah telur terhadap angka positif virus corona Covid-19. Beberapa waktu lalu bahkan kurva positif Covid-19 di Tanah Hari tembus lebih dari 6 ribu kasus dalam kurun waktu satu hari. Tentunya kenaikan angka positif ini memengaruhi ketersediaan kamar yang ada di rumah sakit darurat Covid-19, Wisma Atlet. Lantas bagaimana antisipasinya?

Menjawab hal tersebut Kepala Sekretariat RSD Covid-19 Wisma Atlet, Kolonel Laut (K) dr RM Tjahja Nurrobi M.Kes SpOT (K) Hand mengatakan saat ini RS Wisma Atlet telah berisi 3.500 orang. Namun ia mengaku hal yang paling ditakutkan bukanlah masalah presentase jumlah, melainkan ke arah percepatan pengisian.

Kolonel

“Kami perlu antisipasi. Untuk perawatan dan isolasi mandiri, sama juga. Tapi untuk isolasi mandiri kami masih dibantu oleh Wisma Atlet Pademangan dan beberapa hotel-hotel yang ditunjuk oleh Dinas Parekraf maupun Dinas Kesehatan DKI, ditambah mereka akan menambah penginapan-penginapan,” ujar dr. Nurrobi, dalam Siaran BNPB ‘Menyikapi Tren Kenaikan Kasus Covid-19', Senin (30/11/2020).

Baca Juga : Kasus Covid-19 Meningkat, Bagaimana Ketersediaan Kamar di RSD Wisma Atlet?

Meski demikian kenaikan kasus yang sangat cepat ini membuat kekhawatiran sendiri mengenai kemampuan RS Wisma Atlet dalam menampung pasien Covid-19 yang membeludak hingga akhir 2020. Dokter Nurrobi mengatakan pihaknya akan terus berupaya menyiapkan tempat untuk para pasien Covid-19, sambil berharap trennya tidak semakin meninggi tapi bisa melandai.

“Kalau trennya seperti ini terus dikhawatirkan bisa menjadi luapan. Jadi kita sama-sama berdoa dan untuk tempatnya sebisa mungkin akan kami siapkan,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini