Berat Badan Cepat Naik, Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Antara, Jurnalis · Senin 30 November 2020 21:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 481 2319071 berat-badan-cepat-naik-mungkin-5-hal-ini-penyebabnya-o6pneALkGr.jpg Ilustrasi berat badan naik. (Foto: Shutterstock)

SESEORANG bisa mengalami berat badan naik kapan saja. Dapat dipicu perilaku sehari-hari hingga kondisi fisik dan mental. Kenaikan berat badan bisa memicu frustrasi bagi sebagian orang, terutama bila merasa tidak mengonsumsi banyak makanan.

Salah satu faktor utama berat badan cepat naik memang pola makan. Tetapi, faktor lain seperti kurang tidur dan stres juga memberikan pengaruh yang cukup besar.

Baca juga: 4 Risiko Gaya Hidup Kurang Gerak Selama Pandemi yang Perlu Kamu Waspadai 

Berikut ini sejumlah penyebab berat badan bisa cepat meningkat, sebagaimana dirangkum dari Antara, Senin (30/11/2020).

1. Terlalu banyak konsumsi gula

Konsumsi makanan atau minuman yang tinggi akan kandungan gula seperti permen, soda, minuman berenergi, es krim, es teh manis, hingga aneka kopi kekinian tentu saja dengan mudah dapat memperbesar ukuran pinggang Anda.

Banyak penelitian membuktikan bahwa konsumsi gula berlebihan tidak hanya dapat meningkatkan berat badan, namun juga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan jantung koroner.

2. Kurang beraktivitas

Kurangnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari menjadi salah satu penyebab meningkatnya berat badan dan timbulnya penyakit kronis.

Hanya sibuk bekerja di balik meja, menonton televisi, sampai mengendarai kendaraan adalah jenis-jenis aktivitas pasif. Sebuah penelitian pada 464 orang dengan obesitas dan berat badan berlebih menunjukkan bahwa mereka rata-rata bekerja minimal enam jam menghabiskan waktunya untuk duduk ketika bekerja. Membuat perubahan kecil seperti berolahraga dapat memberikan perubahan besar.

Baca juga: 5 Makanan yang Tanpa Kamu Sadari Bikin Berat Badan Naik 

3. Terlalu banyak konsumsi makanan yang sudah diproses

Makanan yang sudah diproses banyak mengandung gula, lemak jenuh, dan bahan pengawet yang membuat jenis makanan ini memiliki kalori yang sangat tinggi, namun rendah akan nutrisi seperti serat dan protein.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan yang terdapat dalam jenis makanan ini memang dengan mudah dapat meningkatkan berat badan dan menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas di wilayah Amerika Serikat.

4. Terjebak dalam siklus pola makan "yo-yo"

Pola makan "yo-yo" adalah siklus di mana seseorang melakukan diet supaya berat badan turun, namun berat badannya juga cepat meningkat, sehingga ia akan kembali melakukan diet ketat.

Pola makan jenis ini rupanya memiliki risiko berat badan akan meningkat lebih banyak daripada sebelumnya. Menurut penelitian yang dilansir dari laman Healthline, kondisi ini disebabkan oleh respons fisiologis tubuh terhadap pola makan tersebut.

5. Memiliki masalah kesehatan

Selain gaya hidup, sejumlah penyakit atau kondisi medis juga bisa memiliki peran dalam meningkatnya berat badan seseorang. Kondisi hypothyroidism memengaruhi kelenjar tiroid seseorang yang dapat memicu bertambahnya berat badan namun sulit untuk diturunkan.

Selain itu depresi, kelainan pola makan hingga konsumsi obat-obat tertentu juga dapat memicu meningkatnya berat badan pada seseorang.

Baca juga: Bingung Berat Badan Naik atau Hamil? Begini Cara Membedakannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini