Cara Merawat Kesehatan Kulit agar Lembap, Kenyal dan Cerah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 611 2318580 cara-merawat-kesehatan-kulit-agar-lembap-kenyal-dan-cerah-06FAeynOx1.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Warna kulit orang Indonesia terbagi dua, yaitu 3 atau 4. Keduanya memiliki warna cokelat muda dan sawo matang, hal ini sangat umum ditemukan. Namun sayangnya sebagian. menganggap, kesehatan kulit adalah tampak kulit putih.

"Kulit lembap, kenyal dan cerah bertanda kulit yang sehat. Namun tak harus putih," ujar dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK(K), MHA, Dermatologist, dalam webinar bertajuk 'Explore an Unforgettable Experience of True Brightness' baru-baru ini.

Ia mengatakan, gaya hidup dan aktifitas seseorang dapat mengubah kekenyalan, kecerahan dan kelembapan kulit. Selain itu kesehatannya pun dapat berkurang.

Merawat Kulit

Aktifitas dan gaya hidup yang dapat mengubah kesehatan kulit, seperti terlalu lama di bawah paparan sinar matahari. Hal ini dapat memicu pigmentasi kulit, sehingga akan berdampak terlihat kusam dan gelap.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Kulit agar Jerawat Menjauh

Oleh karenanya untuk mencegah terjadinya pigmentasi pada kulit, kata dr. Nadia, asupan bahan alami seperti glutathione sangat dibutuhkan.

"Glutathione berfungsi menghambat eumelanin, atau zat yang menyebabkan kulit menjadi lebih gelap," terangnya.

Glutathione merupakan antioksidan alami yang terbentuk di dalam tubuh, serta berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, asupan vitamin E juga penting untuk menangkal radikal bebas, khususnya menjaga kesehatan kulit agar tetap terawat dengan baik.

"Vitamin E berfungsi menangkal radikal bebas, dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Sehingga ketika memilih skin care pastikan ada tiga kandungan alami itu," katanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini