Share

Jika Pacar Mengancam Bunuh Diri, Coba Atasi dengan Cara Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 30 November 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2318803 jika-pacar-mengancam-bunuh-diri-coba-atasi-dengan-cara-ini-qZ4QHRFFxX.jpg Depresi akibat putus cinta (Foto: Istockphoto)

Selebgram asal Bali, Ni Ketut Ayu Wulantari membuat heboh publik. Pasalnya perempuan 23 tahun ini tewas bunuh diri, ia melompat dari lantai empat hotel di kawasan Jimbaran, Bali pada Sabtu, 28 November 2020.

Hal ini diduga akibat putus cinta. Ia putus asa hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara melompat.

 ingin bunuh diri

Dikutip dari channel YouTube Klee Indonesia, Senior Psychologist, Debora Basaria, M.PSI mengatakan, jika pacar mengancam akan bunuh diri karena putus maka libatkan orang lain untuk membantunya.

"Maka libatkan kembali pihak-pihak di luar hubungan kalian. Misalnya orangtua atau sahabat untuk menjadi mediator pada hubungan cinta," kata Debora.

Ia melanjutkan, orang yang mengancam bunuh diri karena urusan asmara, biasanya memiliki konsep harga diri rendah (HDR). Mereka merasa inkompeten, lalu menggunakan ancaman untuk bisa bertahan.

"Jika dilihat itu semua, pacarannya tidak sehat. Karena idealnya kedua belah pihak dalam berpacaran saling suport dan tidak ada ancaman apapun," terangnya.

Untuk mengatasinya karena takut sang pacar benar-benar bunuh diri, dan merasa hubungan sudah tidak lagi kondusif, maka libatkan orang lain. Dalam hal ini bisa keluarga atau teman jadi mediator dalam hubungan.

Namun apabila masih bisa dipertahankan dan ada solusinya, maka diharapkan juga hubungan berikutnya lebih kondusif juga sehat.

 Baca juga: Pesona Kecantikan Amanda Manopo si Andin Sinetron Ikatan Cinta

"Kalaupun harus dihentikan setidaknya bisa diakhiri dengan cara yang baik-baik. Sehingga kedua belah pihak bisa melanjutkan hidup, atau mencari pasangan lain yang lebih ideal untuk dirinya. Belajar dari pengalaman sebelumnya," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini