10 Cara Mengatasi Rasa Ingin Bunuh Diri karena Putus Cinta

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 30 November 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2318835 10-cara-mengatasi-rasa-ingin-bunuh-diri-karena-putus-cinta-SWOC2Qq0zC.jpg cara mengatasi ingin bunuh diri (Foto: Starting Point Behavioral Healthcare)

Sedih, sakit hati, atau depresi adalah hal yang dirasakan setiap orang ketika kehilangan orang tercinta. Tak jarang, akibat putus cinta orang sampai ingin bunuh diri.

Ketahuilah bahwa mengakhiri hidup tidak dapat menyelesaikan masalah. Ini juga bukan satu-satunya cara Anda untuk melupakan sang mantan pacar.

Coba cara ini untuk mengatasi rasa ingin bunuh diri ketika Anda putus cinta. Mengutip dari YouTube The Maddiebruce.

 ingin bunuh diri

1. Berhenti mengatakan ini hanya terjadi kepada saya

Pada kenyataannya, semua orang yang menjalani hubungan cinta merasakan hal yang sama. Jadi, Anda tidak sendiri. Jika terus berpikir seperti ini, hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Sebab semua orang juga pernah putus cinta dengan sangat menyakitkan.

2. Jalani terapi

Konsultasikan ke psikolog, ia pasti akan membantumu menangani masalah dan sedihmu karena putus cinta Jangan takut meminta bantuan orang lain. Ini tidak akan terdengar aneh. Ini merupakan hal yang wajar.

3. Putuskan semua kontak dengan mantan

Jika Anda masih sering mencari tahu tentangnya, atau dengan tidak sengaja postingannya muncul di beranda Anda, Anda hanya akan terjebak dalam masa lalu. Berhenti mengikuti sosial medianya. Metode ini terbukti untuk melupakan seseorang lebih cepat.

 

4. Tulis 10 hal yang Anda tidak suka dari mantan

Tulis 10 hal yang tidak disukai dari mantan pacarmu. Dengan begitu, tidak ada lagi muncul perasaan ingin memilikinya dan bersamanya kembali. Tulis hal yang Anda tidak suka darinya dan baca itu 3 kali sehari. Ini terbukti mendorong Anda untuk segera melupakannya.

Baca juga: Pesona Kecantikan Amanda Manopo si Andin Sinetron Ikatan Cinta

 

5. Lakukan hal terbaik untuk diri Anda

Lakukan hal-hal terbaik untuk diri Anda. Misalnya Anda menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau bermain bersama hewan peliharaan. Berikan me time untuk diri Anda, perlakukan diri Anda sebaik mungkin. Biasanya, orang yang telah putus cinta akan memotong rambutnya, atau mengubah warna rambutnya.

6. Tulis 10 hal positif tentang diri Anda

Coba tulis di buku harianmu lalu bacalah setiap harinya. Jangan sampai Anda kehilangan rasa percaya diri bahkan jati diri Anda akibat putus cinta.

7. Anda tidak membutuhkan pengakuan orang lain

Mereka hanya berusaha membuatmu tenang sementara, tetapi yang benar-benar bisa menyembuhkan hanya diri Anda sendiri. Lagi pula, Anda tidak membutuhkan pengakuan atau validasi dari orang lain.

8. Ingatlah perasaan sedih ini hanya sementara

Setelah putus cinta, pasti akan banyak yang dipikirkan. Terlalu banyak beban pikiran tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Ubah pola pikir yang menyeramkan itu, yang hanya menggerogoti isi kepala sehingga mendorong Anda melakukan hal yang fatal. Ingatlah, perasaan ini hanya sementara dan Anda bisa melewatinya.

9. Berpikir ke depan

Ingat apa yang sudah Anda lewati di masa lalu. Jadikan itu sebagai pelajaran dan sebuah tantangan untuk Anda lewati di masa yang akan datang. Apa yang Anda takutkan tak akan terjadi.

10. Hindari ke tempat kamu biasa main dengan mantan

Sadari bahwa perjalanan hidupmu masih panjang. Lakukan hal yang sudah Anda nantikan sejak lama atau sempat tertunda. Asah kemampuanmu, berbuat hal yang Anda suka. Hindari bepergian ke tempat yang memiliki kenangan dengan mantan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini