Susah Meninggalkan Hubungan Toxic, Baca Ini Dulu

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 30 November 2020 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2318865 susah-meninggalkan-hubungan-toxic-baca-ini-dulu-MBB6Jrw9OQ.jpg Sahabat toxic (Foto: Ravishly)

Menjalani hubungan toxic dengan sahabat atau pacar memang tidak menyenangkan. Hubungan toxic hanya akan menguras emosi, melelahkan fisik dan mental.

Namun, jika sudah terlanjur sayang dengan sahabat atau pacar yang toxic, memilih untu bertahan hanya akan menambah luka batin Anda. Maka cobalah mengurangi kontak dengan dirinya pelan-pelan saja.

Melansir dari lifehack, Anda bisa mencoba cara ini untuk meninggalkan dan menyelamatkan Anda dari hubungan toxic yang hanya merusak mental Anda.

 masih ada orang baik

1. Ketahuilah Anda pantas mendapatkan orang yang lebih baik

Harga diri Anda telah diruntuhkan oleh pelaku kekerasan dalam hubungan agar Anda tetap terjebak dalam hubungan toxic tersebut. Anda telah berusaha sekuat tenaga agar hubungan Anda berhasil, namun dia malah sering memaki-maki dan menghina Anda sehingga Anda jadi memiliki harga diri rendah (HDR). Maka segera tinggalkan dia, dan yakinlah nanti Anda bertemu penggantinya yang jauh lebih baik, baik itu sahabat ataupun pacar.

 

2. Cari support system

Dukungan dari teman, kerabat, keluarga, atau orang-orang terdekatmu dapat membantu menurunkan tekanan psikologis Anda. Jangan putus asa. Anda bisa dan harus melanjutkan hidup. Tetap putuskan hubungan dengan orang toxic tersebut.

3. Bersikap tegas pada keputusan

Meninggalkan sahabat atau pacar toxic adalah hal yang tepat. Ada kalanya Anda tergoda untuk kembali kepadanya, tetapi berdirilah dengan teguh. Anda berhak mendapatkan orang-orang yang mencintai dan menghormati Anda sepenuhnya.

4. Putuskan kontak

Fokuslah ke masa depan, pertahankan motivasi Anda. Blokir nomor kontak dia, blokir media sosialnya. Lakukan apapun untuk menghindarinya.

Baca juga: Pesona Kecantikan Amanda Manopo si Andin Sinetron Ikatan Cinta

5. Sadari bahwa hubungan tersebut tidak baik

Anda harus menyadari bahwa hubungan kalian tidak baik. Dia tidak akan pernah berubah. Dia akan tetap kasar, abusive, dan suka mencaci-maki. Tinggalkan dia untuk selamanya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini