Jadi Klaster Baru, Warga Petamburan Ini 5 Cara Cegah Penyebaran Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2318874 jadi-klaster-baru-warga-petamburan-ini-5-cara-cegah-penyebaran-covid-19-qnu9TTmJCP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WILAYAH Petamburan Jakarta Pusat telah ditetapkan menjadi klaster baru, setelah adanya 7 orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan. Virus corona atau Covid-19 bisa menyerang siapa saja yang mengabaikan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo berharap kerjasama semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama yang berkontak dengan pasien, untuk melaporkan diri ke Puskesmas.

Dalam banyak kasus, virus ini dilaporkan tanpa disertai gejala sama sekali (asimtomatik). Maka dari itu, diperlukan kewaspadaan dan kedisplinan yang tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan.

Nah bagaimana jika tiba-tiba di lingkungan rumah ada tetangga yang terbukti positif Covid-19? Tindakan apa yang harus dilakukan guna mencegah penyebarannya? Berikut Okezone rangkumkan 5 hal dasar yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Boldsky.

Masker

Sejak pandemi Covid-19 melanda, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker sebagai upaya mencegah penularan virus corona. Selalu ingat dan terapkanlah protokol kesehatan ini bila Anda hendak melakukan kegiatan di luar rumah. Terlebih bila ada tetangga yang terbukti positif Covid-19.

Selalu bawa pembersih tangan

Selain masker, Anda harus mempersenjatai diri dengan perlengkapan lainnya yakni, hand sanitizer. Benda ini sangat efektif untuk membersihkan permukaan tangan, terlebih ketika Anda tidak menyadari telah menyentuh benda-benda di tempat umum. Jadi selalu sediakan dan gunakan hand sanitizer sebelum ke luar rumah, dan setelah mengunjungi tempat-tempat umum.

Disinfeksi gagang pintu dan jendela

Jangan malas! Di situasi yang serba tidak pasti seperti saat ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri maupun tempat tinggal. Maka dari itu, pastikan Anda rutin membersihkan gagang pintu dan jendela rumah menggunakan disinfektan. Pasalnya, virus corona dilaporkan dapat bertahan beberapa jam di atas permukaan benda padat.

Hindari lift

Bila Anda tinggal di apartemen, sebaiknya hindari menggunakan lift atau elevator. Bisa jadi tombol-tombolnya telah disentuh oleh banyak orang yang mungkin tidak menunjukkan gejala sama sekali (asymptomatic).

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan anak tangga. Atau bila terpaksa naik lift, pastikan menjaga jarak sosial dengan penghuni lain.

Hindari meyentuh benda di luar rumah

Sekilas memang terlihat berlebihan, namun untuk menjaga kesehatan diri, lebih baik Anda tidak menyentuh benda-benda asing di luar rumah. Misalnya pagar rumah, kotak surat, tanaman di luar ruangan, dan lain sebagainya. Benda mati dan tumbuhan diklaim dapat bertindak sebagai fomite dan menyebarkan virus.

Perlu diketahui, fomite adalah objek atau tempat virus ‘menetap’ setelah keluar melalui tetesan pernapasan orang sakit. Mereka dapat menyebarkan infeksi lebih lanjut saat disentuh oleh orang lain. Karena itu, berhati-hatilah dengan apa yang Anda sentuh di luar rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini