Sejak Kapan Popcorn Jadi Camilan Populer di Bioskop? Ini Jawabannya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 30 November 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2319010 sejak-kapan-popcorn-jadi-camilan-populer-di-bioskop-ini-jawabannya-s2tnifhw9Z.jpg Popcorn. (Foto: Anncapictures/Pixabay)

POPCORN tampaknya sudah menjadi makanan wajib ketika berada di bioskop. Rasanya kurang lengkap saat menonton film tanpa ditemani sebungkus makanan dari biji jagung ini. Namun, tahukah Anda sejarah popcorn hingga menjadi identik dengan bioskop?

Sebenarnya popcorn sudah ada di pameran dan karnaval pada pertengahan 1800-an. Ketika itu para pedagang kaki lima dapat membuat dan menjualnya dengan memanfaatkan mesin pembuat popcorn bertenaga uap yang pertama kali diciptakan pada 1885.

Baca juga: Cara Buat Popcorn ala Bioskop di Rumah, Ini Caranya 

Dikutip dari Mental Floss, Senin (30/11/2020), tahun 1927 film-film talkie tidak lagi hanya ditujukan kepada penonton yang berpendidikan. Pergi ke bioskop adalah hal yang dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa pandang bulu. Ini juga bertepatan dengan peristiwa "depresi hebat", dan orang Amerika butuh hiburan murah.

Bioskop di Makassar kembali dibuka (Foto : Okezone.com)

Awalnya tempat teater tidak menyediakan mesin popcorn. Sejumlah pedagang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual popcorn langsung kepada konsumen. Biji jagung yang murah selaras dengan harga jual popcorn membuat banyak orang meminati makanan ini.

Baca juga: Popcorn Brown Sugar Camilan Kekinian, Sekali Bikin Pasti Ludes! 

Tidak hanya pengunjung, mereka juga menjual popcorn kepada orang-orang di luar teater untuk memungkinkan penghasilan berkali lipat. Melihat kondisi ini, pemilik bioskop kemudian melarang pedagang kaki lima menjual popcorn secara mandiri.

Pihak bioskop mulai menyediakan tempat penjualan popcorn mereka sendiri. Bahkan seorang pemilik teater menurunkan harga tiket untuk mendorong orang datang membeli camilan tersebut. Selama perang dunia kedua, penjualan popcorn di Amerika benar-benar melonjak. Popularitas popcorn terus meningkat dan bertahan hingga saat ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini