Wow, Hewan Wombat Pancarkan Cahaya Indah di Bawah Sinar UV

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 30 November 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 612 2319039 wow-hewan-wombat-pancarkan-cahaya-indah-di-bawah-sinar-uv-YP1lukOXiU.jpg Wombat berinar di bawah sinar UV. (Foto: Twitter @TravouillonK)

BEBERAPA waktu lalu hewan platypus disebut mampu memancarkan cahaya dalam gelap jika terkena sinar ultraviolet (UV). Penelitian baru-baru ini mengungkapkan hal yang sama juga terjadi pada wombat, hewan marsupial asli Australia. Para ilmuwan mengatakan wombat akan bersinar hijau neon, biru, dan merah muda di bawah sinar UV.

Beberapa tahun terakhir para ilmuwan telah menemukan biofluoresensi pada mamalia. Mulai tupai terbang yang bersinar merah muda hingga platypus yang memancarkan cahaya jika terkena sinar UV. Para peneliti makin tertarik mengetahui seberapa jauh sifat ini ada pada mamalia.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, Koala dan Wombat Jalin Persahabatan Istimewa 

Setelah penemuan pada platypus terungkap, peneliti lain bernama Kenny Travouillon dan ahli biologi Linette Umbrello mulai menyinari berbagai spesimen koleksi Museum Australia Barat. Mereka akhirnya mengungkap fakta wombat memancarkan cahaya neon.

"Kami hanya mencobanya mungkin pada dua lusin mamalia. Jadi itu bukan pencarian yang menyeluruh. Mungkin sepertiga dari mereka bersinar," kata Travouillon, seperti dikutip dari Science Alert, Senin (30/11/2020).

Wombat. (Foto: David Clode/Unsplash)

Biofluoresensi terjadi ketika makhluk hidup yang menyerap radiasi energi tinggi seperti sinar UV kemudian memancarkan kembali cahaya pada frekunsi yang lebih rendah. Ilmuwan forensik margasatwa Museum Australia Greta Frankham menjelaskan banyak protein yang diidentifikasi mampu melakukan ini di kulit atau jaringan hewan lain.

Baca juga: Unik, Hewan Ini Keluarkan Kotoran Kubus dan Punya "Pelat Pelindung" 

"Ada senyawa kimia di banyak bagian tubuh hewan. Jadi tidak mengherankan menemukan mungkin ada senyawa kimia lain dalam hal lain seperti bulu yang berpendar," kata Frankham.

Rincian pasti tentang bagaimana dan mengapa biofluoresensi terjadi pada mamalia ini masih terus diteliti. Hewan Australia lain yang juga disebut mampu memancarkan sinar seperti echidna, bandicoots dan bilbies, posum, serta beberapa kelelawar.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini