6 Makanan yang Bikin Mood Membaik, Apa Saja?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 298 2319301 6-makanan-yang-bikin-mood-membaik-apa-saja-kA7iZE09oC.jpg Susu bikin mood membaik (Foto: Good House Keeping)

Di tengah pandemi Covid-19 kadang mood naik turun akibat kondisi dan situasi. Namun Anda sebaiknya jangan terpuruk dalam suasana bad mood.

Sikapi pandemi dengan ikhlas. Percayalah ini nanti pasti berlalu. Perlu diketahui asupan nutrisi yang tidak cukup akan membuat mood jadi tak baik, serta memengaruhi tingkat kecemasan.

Oleh karena itu seperti dilansir dari laman Times Now News, jika mood memburuk, maka cara memperbaikinnya dengan memberikan asupan makanan yang baik. Berikut ini beberapa nutrisi yang wajib dikonsumsi guna memperbaiki mood Anda.

 ikan

1. Selenium

Manusia membutuhkan selenium, mineral esensial yang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh mulai dari reproduksi hingga melawan infeksi. Ini bertindak sebagai antioksidan kuat dan membantu meningkatkan mood baik. Ini juga penting untuk kesehatan tiroid, di antara berbagai lainnya. Selenum terdapat pada ayam, kalkun, ikan, telur, keju cottage, susu dan yogurt, kacang brazil, bayam, pisang, jamur.

2. Seng

Seng adalah mineral penting yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik. Kekurangan seng dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat kecemasan, mengurangi nafsu makan, dan membuat orang pada umumnya merasa tidak memiliki energi atau motivasi untuk melakukan sesuatu. Mineral ini berlimpah dalam daging tanpa lemak, kerang, polong-polongan, biji-bijian, telur, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian.

3. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang cukup membantu menjaga kesehatan fungsi otak, jaringan saraf, dan produksi sel darah merah. Vitamin ini bisa memperbaiki mood Anda. Vitamin B12 ditemukan pada daging, ikan, produk susu. Orang yang tidak makan daging, seperti vegan, bisa mendapatkan vitamin B12 dalam bentuk suplemen. Juga, beberapa jenis sereal sarapan dan susu diperkaya dengan B12.

4. Vitamin D

Vitamin D diperlukan untuk memproduksi neurotransmitter, dan kadar yang rendah telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan sejumlah gejala kesehatan mental lainnya. Vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Anda bisa mendapat nutrisi Vitamin D dengan berjemur di pagi hari, makan kuning telur, ikan berlemak, keju, sereal dan jus yang diperkaya.

 

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memberikan banyak manfaat bagi otak dan tubuh Anda. Dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, melawan peradangan dan penyakit autoimun.

Kekurangan jenis lemak ini dapat menyebabkan suasana hati yang tidak stabil, depresi, kecemasan, fokus yang buruk, dan kurang perhatian. Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan mackerel merupakan sumber lemak omega-3 yang sangat baik. Sumber makanan lain termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan tiram, dan lain-lain.

Baca juga: Diketekin, Harga Tas Nagita Slavina Bisa untuk DP Rumah!

 

6. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang sangat penting. Magnesium juga terlibat dalam ratusan reaksi kimia dalam tubuh manusia. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan kecemasan dan kepanikan, gelisah, kurang tidur, dan mudah tersinggung. Makanan yang tinggi magnesium yaitu antara lain sayuran hijau (bayam, kangkung, collard hijau), biji-bijian, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, coklat hitam, dan beberapa ikan berlemak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini