8 Manfaat Delima bagi Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 298 2319327 8-manfaat-delima-bagi-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-pSkEcSslVp.jpg Buah delima (Foto: Crave Bits)

Buah delima berwarna merah menggoda dan rasanya manis ini sudah dikenal banyak orang. Delima kini tidak hanya dikonsumsi langsung saja, banyak juga yang membuatnya jadi jus.

Namun banyak orang yang belum tahu manfaat budah delima. Seperti dilansir dari Taste of Home, berikut manfaat buah delima. Apa saja?

 delima

1. Meningkatkan memori

Jus buah delima diperkaya polifenol yang dapat meningkatkan fungsi memori. Sebuah penelitian mengatakan, orang yang meminum jus delima setiap hari mengingat lebih baik dibandingkan mereka yang meminum placebo.

2. Mengurangi tekanan darah

Meminum 2 ons jus delima setiap hari terbukti bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol, dan membersihkan plak dari arteri. Jadi, buah ini juga baik dalam melawan penyakit jantung.

3. Menghidrasi kulit

Menurut ahli kulit, jus delima dapat membantu melembabkan kulit kering dan kusam. Buah ini juga menjadi sumber vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit. Buatlah masker DIY dengan mencampurkan 3 sendok makan delima, 1 cangkir oatmeal matang, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu. Haluskan semuanya dalam blender atau food processor. Oleskan pada wajah dan tunggu kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air hangat.

 

4. Mencegah dan melawan kanker

Delima bisa mencegah dan melawan beberapa jenis kanker. Kandungan seperti antiinflamasi dan polifenol dapat melindungi DNA dari mutasi, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membantu mencegah penyebaran kanker.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

Antioksidan yang dimiliki delima membuat folikel rambut lebih kuat dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga rambut lebih cepat tumbuh dan mengilap.

 

6. Meringankan artritis rheumatoid

Antiinflamasi yang terdapat pada delima sangat kuat dan dapat mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan. Menurut beberapa penelitian, ekstrak buah delima dapat memblokir produksi enzim yang memperburuk radang sendi dengan menghancurkan tulang rawan.

 

7. Membuat rasa kenyang lebih lama

Buah ini kaya akan serat, sekitar 4 gram per tiga sampai empat cangkir biji delima. Serat ini bisa memperlambat pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Diketekin, Harga Tas Nagita Slavina Bisa untuk DP Rumah!

8. Mengatasi jerawat

Antioksidannya membantu melawan jerawat dengan menangkal peradangan. Cobalah untuk ngemil buah delima yang manis dan berair ini daripada jajanan bermecin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini