Listrik Padam, Masak Nasi Pakai Dandang Jadi Alternatif Selain Rice Cooker

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 298 2319343 listrik-padam-masak-nasi-pakai-dandang-jadi-alternatif-selain-rice-cooker-RzhTfBXJB0.jpg (Foto: Shutterstock)

Moms mungkin selalu memasak nasi menggunakan rice cooker yang mengandalkan tenaga listrik. Saat listrik padam, sebagaimana yang terjadi di sebagian wilayah di Jakarta Selatan hari ini, maka Anda bisa beralih menggunakan dandang.

Hasil nasi yang dimasak antara menggunakan rice cooker dengan dandang sebenarnya berbeda tipis. Berbicara terkait enak atau tidaknya, ini tergantung pada selera masing-masing. Chef Lucky Andreono menjelaskan terkait perbedaannya.

Bila menggunakan dandang, Anda bisa yakin dengan tingkat kematangan nasi. Kadar airnya pun bisa Anda tentukan sendiri sesuai selera. Kita juga bisa lebih memberikan rasa pada nasi yang diolah lewat proses mengaron beras (merebus setengah matang untuk kemudian dikukus).

 Moms mungkin selalu memasak nasi menggunakan rice cooker yang mengandalkan tenaga listrik.

Baca juga: Telur Ceplok Bumbu Rujak, Hidangan Spesial untuk Santap Siang

Selama beras diaron, Anda bisa memasukkan bumbu ataupun rempah. Bila ingin membuat nasi hijau, misalnya, Anda tinggal masukkan air perasan daun pandan.

Sementara untuk mengukur takaran air, gunakan jari telunjuk. Isi air setinggi kurang dari satu ruas jari telunjuk. Bila ingin hasil nasi yang lebih pulen, tambahkan hingga mencapai satu ruas atau lebih sedikit dari jari telunjuk.

Aroni beras sekira 10 menit atau sampai air tidak lagi tampak di permukaan beras. Untuk memastikan tingkat kematangannya, Anda bisa mencicipinya sedikit. Soal suhu api, pertama-tama gunakan suhu api besar lalu kecilkan bila beras mulai tanak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini