4 Manfaat Kedelai bagi Tubuh, Sering Konsumsi Yuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 298 2319663 4-manfaat-kedelai-bagi-tubuh-sering-konsumsi-yuk-3U8nNJSHy5.jpg Manfaat kedelai (Foto: Medical News Today)

Kedelai yang merupakan bahan dasar tahu, tempe, dan kecap ini memiliki kadar kolesterol yang rendah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi kedelai secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol lipoprotein kepadatan rendah (LDL) di arteri.

Produk kedelai yang kurang diproses seperti susu kedelai dan kacang kedelai, lebih efektif daripada ekstrak atau suplemen protein kedelai.

Berikut manfaat kedelai lainnya, yang dilansir Okezone dari Medical News Today.

 kedelai

1. Mengatasi obesitas

Para peneliti menyimpulkan bahwa suplementasi isoflavon kedelai berpotensi untuk mengatasi obesitas.

2. Mengurangi risiko kanker payudara

Berdasarkan hasil tinjauan studi tahun 2019 menunjukkan, bahwa isoflavon dalam kedelai dapat membantu mengurangi risiko kanker terkait hormon, termasuk kanker prostat dan kanker payudara. Isoflavon kedelai dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran hormon yang berhubungan dengan kanker.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Pada diabetes tipe 2, sel-sel tubuh menyerap lebih sedikit gula dari aliran darah, yang membuatnya bersirkulasi dan menyebabkan kerusakan. Isoflavon pada kedelai dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti membuat sel lebih menanggapi insulin dan menyerap lebih banyak glukosa.

Baca juga: Diketekin, Harga Tas Nagita Slavina Bisa untuk DP Rumah!

4. Mengobati osteoporosis

Isoflavon pada kedelai juga bisa menjadi alternatif yang efektif untuk terapi penggantian hormon (HRT) untuk wanita yang mengalami osteoporosis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini