Hari AIDS Sedunia, Penanggulangan HIV di Indonesia Masih Rendah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 00:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319173 hari-aids-sedunia-penanggulangan-hiv-di-indonesia-masih-rendah-EXvNqvm5NS.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Setiap 20 Desember, diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Tentunya ini menjadi momen yang mengingatkan semua masyarakat tentang pentingnya penanggulangan HIV di Indonesia. Saat ini penanggulangan HIV di Tanah AIr masih memperihatinkan. Bahkan Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan respon pencapaian hasil terendah dalam penanggulangan HIV di dunia.

Executive Director Indonesia AIDS Coalition, Aditya Wardhana, mengatakan berdasarkan data yang diperoleh, banyak teman teman Orang dengan HIV AIDS (ODHA) yang masih merasa sehat. Padahal HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh di masa yang panjang. Pada awalnya tidak akan terjadi apa-apa, namun nantinya akan terjadi penurunan tingkat kesehatan secara drastis dan cepat.

Hari AIDS Sedunia

“Berdasarkan spektrum kita, meski angkanya mengalami penurunan, tapi spektrum data kita terus meningkat. Akibatnya penderita ODHA ini mengalami kematian,” ucap Aditya dalam Press Conference HARI AIDS Sedunia 2020: Penanggulangan AIDS Auto-Pilot. Negara gagal capai target 90-90-90, Senin (30/11/2020).

Baca Juga : Hari AIDS Sedunia 2020, Indonesia Masih Hadapi Tantangan Berat Atasi HIV

Lebih lanjut Aditya mengatakan bahwa angka kematian HIV di Indonesia setara dengan South Sudan yang sedang mengalami krisis perang saudara. Tentunya hal ini sangat memperihatinkan, mengingat Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang cukup baik di bidang kesehatan.

“Ini seharusnya peristiwa yang menampar kita, karena tingkat kematian ODHA di Indonesia masih tinggi. Ini setara dengan negara di Afrika yang sistem kesehatannya belum terbangun dengan baik. Maka kita harus melakukan analisis yang lebih komprehensif,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini