Kasus Covid-19 Melonjak, Ketua IDI Ungkap Penyebabnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319175 kasus-covid-19-melonjak-ketua-idi-ungkap-penyebabnya-VvA0IBnOBe.jpg Disiplin patuhi protokol kesehatan kunci tekan kasus Covid-19 (Foto : iNews.id)

Kasus positif virus corona Covid-19 terus mengalami peningkatan di Indonesia. Bhakan rekor tertinggi yang pernah tercatat belum lama ini mencapai lebih dari 6 ribu kasus baru dalam satu hari. Kondisi ini tentunya menimbulkan tanda tanya besar bagi masyarakat, mengapa fenomena ini bisa terjadi?

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih, SH, MH mengatakan persoalan Covid-19 yang paling penting adalah percepatan penularan. Ia mengatakan bahwa upaya pemerintah sudah sangat bagus dalam menekan angka kematian, tapi angka penularan semakin berkembang.

“Ini memang masalah besar pada Covid-19. Bahkan banyak virus corona yang terjadi mutasi, justru mutasi ini yang menambah cepat penularan. Oleh sebab itu kenaikan kasus ini disebabkan oleh percepatan penularan ini,” kata dr. Daeng dalam Siaran BNPB ‘Menyikapi Tren Kenaikan Kasus Covid-19', Senin (30/11/2020).

Razia Masker

Baca Juga : Kasus Covid-19 Meningkat, RSD Wisma Atlet Sanggup Tampung Pasien hingga Akhir Tahun?

Menurut dr. Daeng, kenaikan angka positif Covid-19 juga disebabkan oleh masyarakat yang kurang disiplin dan berkomitmen untuk melakukan pencegahan penularan dengan melakukan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan dan mengenakan masker).

“Banyak masyarakat yang masih mengabaikan 3M. Padahal jika mereka disiplin dan berkomitmen menjalankannya, maka penularan (virus corona Covid-19) dapat dicegah,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini