Madu dan Cuka Sari Apel Bantu Atasi Sakit Vertigo

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319233 madu-dan-cuka-sari-apel-bantu-atasi-sakit-vertigo-CiNCRjsbdV.jpg (Foto: Well Tuned)

Vertigo membuat penderitanya mengalami sensasi berputar dan pusing. Ini dapat membuat penderitanya merasa mual dan membatasi pergerakannya.

Walaupun orang menggunakan obat bebas untuk mengobati vertigo, hal itu tidak selalu diperlukan, terutama jika pengobatan alami dapat bekerja dengan baik tanpa efek samping.

Hal yang pertama, ketika seseorang merasa pusing, dia harus segera duduk untuk mengurangi kemungkinan cedera jika jatuh. Vertigo adalah gejala dari kondisi kesehatan yang mendasari atau beberapa kondisi berbeda. Vertigo dapat terus berulang sampai penyebab utamanya ditentukan dan ditangani.

Jika Anda sering merasa pusing, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Meskipun jika ini baru pertama kali terjadi, berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang dapat Anda coba dilansir dari Times of India, Selasa (1/12).

1. Madu dan cuka sari apel

Baik madu dan cuka sari apel diketahui dapat meningkatkan aliran darah di otak. Konsumsi dua sendok madu dengan satu sendok cuka sari apel bantu mengatasi gejala vertigo.

2. Jahe

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science, jahe dapat mengurangi efek vertigo. Anda bisa mengonsumsinya dengan merebus jahe dalam air selama 5 menit lalu menyesap airnya. Selain itu, bisa menambahkan madu ke dalam air untuk mengurangi rasa pahit. Minum teh jahe dua kali sehari dapat membantu mengurangi rasa mual, pusing dan gejala vertigo lainnya.

 Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science, jahe dapat mengurangi efek vertigo.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Bagaimana Ketersediaan Kamar di RSD Wisma Atlet?

3. Kacang almond

Kacang almond kaya akan vitamin A, B, dan E. Makan segenggam almond dapat membantu meringankan gejala vertigo. Meskipun masih belum jelas bagaimana tepatnya almond membantu memerangi kondisi tersebut.

4. Minum air putih

Dehidrasi bisa menyebabkan gejala vertigo. Bahkan dehidrasi ringan dapat memicu kondisi tersebut. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meminimalkan pusing dan masalah keseimbangan.

5. Minyak atsiri

Minyak atsiri adalah salah satu solusi paling sederhana dan efektif untuk banyak masalah. Minyak jenis ini bahkan dapat membantu dalam mengelola gejala vertigo, termasuk mual, sakit kepala dan pusing.

Anda bisa menggunakan minyak esensial peppermint, jahe, lemon dan lavender dalam diffuser untuk mendapatkan bantuan instan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini