Kasus Positif Covid-19 Meningkat, 3T Berjalan dengan Baik?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319237 kasus-positif-covid-19-meningkat-3t-berjalan-dengan-baik-pncGhWYnaN.jpg (Foto: Dok Okezone)

BARU-baru ini angka kasus positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia menunjukkan angka tertinggi dengan lebih dari 6 ribu kasus dalam kurun waktu satu hari. Tentunya kondisi ini menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat, apakah pemerintah telah melakukan Testing, Tracing, dan Treatment (3T) dengan baik?

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih, SH, MH mengatakan strategi utama penanganan Covid-19 ada dua jenis. Pertama dengan penemuan kasus dan yang kedua adalah dengan penanganan Covid-19 dengan baik dan benar yakni menggunakan sistem 3T.

“Kalau treatment, ini cukup berhasil karena angka kesembuhan pasien Covid-19 bisa mencapai lebih dari 83 persen, sementara angka kematiannya bisa ditekan hingga angka 3,1 persen,” kata dr. Daeng dalam Siaran BNPB ‘Menyikapi Tren Kenaikan Kasus Covid-19', Senin (30/11/2020).

 Baru-baru ini angka kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia menunjukkan angka tertinggi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Bagaimana Ketersediaan Kamar di RSD Wisma Atlet?

Meski demikian, dr. Daeng mengatakan sistem tracing dan testing yang masih perlu dikuatkan di masyarakat. Jadi begitu ada seseorang yang terindikasi Covid-19 di suatu tempat yang positif, maka orang terdekatnya perlu dilakukan tracing.

“Di sini di mohon masyarakat yang hendak di tracing bisa melakukan kolaborasi yang baik dengan petugas. Harus membantu proses testing dan tracing. Kalau cara ini kita dorong dan masyarakat turut membantu, maka penemuan mudah dan pengendalian penularan menjadi lebih baik. Kalau tidak tertib maka penularan bisa meluas,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini