Hari AIDS Sedunia, Curhat ODHA Hadapi Tantangan Berat dalam Tanggulangi Penyakitnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319314 hari-aids-sedunia-curhat-odha-hadapi-tantangan-berat-dalam-tanggulangi-penyakitnya-gV7getlLUx.jpg HIV/AIDS (Foto: BBC)

Hari AIDS sedunia diperingati setiap 1 Desember tiap tahunnya. Hari AIDS menjadi pengingat masyarakat akan bahaya dan pentingnya melakukan penanggulangan HIV AIDS bagi para penyandang.

Perempuan Orang dengan HIV AIDS (ODHA) sekaligus Ketua Badan Pengurus Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI), Baby Rivona menyampaikan keluh kesah serta tantangan yang dihadapinya saat ini. Menurutnya penanggulangan AIDS di Indonesia dirasa mundur.

 virus HIV/AIDS

“Saya hidup dengan HIV selama 17 tahun dan tidak suka dirayakan. Tapi ini adalah dalam rangka penanggulangan AIDS yang sekarang sudah dirasakan mundur,” terang Baby, dalam keteranganya persnya, Selasa (1/12/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini banyak sekali tantangan yang ia hadapi sebagai seorang ODHA, yang sudah lama mengidap penyakit tersebut. Bahkan ia menilai bahwa HIV AIDS bukan lagi menjadi prioritas utama bagi pemerintah Indonesia.

 Baca juga: Diketekin, Harga Tas Nagita Slavina Bisa untuk DP Rumah!

“Tapi AIDS tidak menjadi prioritas bagi pemerintah dalam hal pendanaan, respons dan penanganannya. Semua ODHA sudah mengetahui penyakit yang dialaminya tapi mereka tidak mengobatinya,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini