Anggota Keluarga di Rumah Terinfeksi Covid-19, Perhatikan 8 Hal Ini

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319488 anggota-keluarga-di-rumah-terinfeksi-covid-19-perhatikan-8-hal-ini-R8Fvom8ol1.jpg (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

Penyebaran virus corona atau Covid-19 tidak dapat diprediksi, siapa pun dapat terinfeksi virus tersebut termasuk keluarga atau orang yang berada di sekitar kita.

Berikut 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri, agar tidak terinfeksi ketika seseorang di rumah atau di sekitar kita terinfeksi Covid-19.

Lakukan Test Covid-19

Jika seseorang di rumah dinyatakan positif Covid-19, maka secepat mungkin Anda melakukan tes PCR Covid-19. Dikutip dari Healthline, “Meskipun hasilnya negatif, hal itu tidak mengesampingkan infeksi awal, ketika virus bisa di bawah tingkat deteksi, menyebabkan tes negatif palsu,” kata Braunstein.

Kunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan tes Covid-19. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Siapapun orang yang telah melakukan kontak fisik dengan penderita Covid-19 harus diberi tahu agar melakukan antisipasi.

Batasi Kontak Langsung

Dalam pedoman untuk merawat seseorang dengan Covid-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa:

Penderita Covid-19 harus memisahkan diri dari orang lain di rumah. Ia harus menggunakan kamar tidur dan kamar mandi secara terpisah dengan yang lainnya.

Setiap orang yang ada di rumah setidaknya menjaga jarak sebanyak 6 langkah dengan penderita. Dilansir Healthline, “Penderita Covid-19 harus dikarantina minimal 14 hari sejak timbulnya gejala atau tes positif, dan lebih lama dalam kasus yang parah,” kata Braunstein.

 Penyebaran virus corona atau Covid-19 tidak dapat diprediksi.

Biarkan Jendela Tetap Terbuka

Saat di dalam ruangan virus akan tetap berada di udara dalam tetesan yang sangat kecil sehingga berpotensi menginfeksi orang lain.

Maka biarkan jendela di rumah Anda terbuka, hal ini berfungsi agar udara dapat keluar dan masuk ruangan secara bebas.

Menggunakan Masker

Orang yang sakit harus memakai masker saat berada di sekitar orang lain, dan siapa pun yang tinggal bersama mereka harus memakai masker juga.

“Masker membantu menahan infeksi pernafasan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Namun data yang lebih baru mendukung bahwa masker juga melindungi individu agar tidak terinfeksi,” ujar Hirschwerk.

Meskipun menggunakan masker tidak menjamin akan bebas dari infeksi Covid-19, tetapi dengan menggunakan masker akan mengurangi peluang terinfeksi Covid-19.

Disarankan untuk menggunakan masker bedah, jika tidak ada maka bisa menggunakan berbahan kain daripada tidak menggunakan sama sekali.

Baca juga: Cegah Anemia, 5 Jenis Nutrisi Ini Bantu Tingkatkan Produksi Sel Darah Merah

Mencuci Tangan dan Menggunakan Disinfektan

Disarankan untuk sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah berada di dekat orang yang sakit. Jika sabun dan air tidak tersedia gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

Dilansir dari Healthline “Mencuci tangan sangat membantu dan sangat masuk akal di sekitar orang yang sakit, dan penting bagi orang yang sakit untuk mencuci tangan juga,” kata Hirsch. Tidak lupa membersihkan dan menyemprotkan disinfektan ke barang-barang rumah yang kemungkinan tinggi disentuh dengan banyak orang.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Karantina di rumah membuat perubahan gaya terutama dalam mengonsumsi makanan.

Tetap melakukan pola makan yang teratur dan sehat penting di tengah maraknya wabah seperti saat ini. Hindari diri dari pikiran-pikiran yang dapat membuat Anda stres, karena stres dapat meningkatkan berat badan Anda.

Pola makan yang sehat dan teratur dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Mempercayai Sumber Terpercaya

Pintar-pintarlah menyaring informasi. Banyaknya informasi salah yang tersebar di sosial media dan internet sering kali membuat bingung.

Bukalah situs yang telah terpercaya dan direkomendasikan oleh pemerintah atau Anda dapat konsultasi langsung ke dokter.

Berbicaralah dengan Seorang Teman

Adanya kabar mengenai keluarga yang positif terinfeksi Covid-19 akan membuat emosi menjadi meningkat. Bisa jadi merasakan kecemasan, ketakut, marah, sedih dan lainnya.

Agar Anda tidak terbebani dengan perasaan itu, maka berbicaralah dengan teman atau orang yang dapat dipercaya agar perasaan Anda menjadi lebih tenang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini