Jambu Biji Bantu Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Sistem Pencernaan

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 481 2319676 jambu-biji-bantu-tingkatkan-kesehatan-jantung-hingga-sistem-pencernaan-kUjhCAHqWB.jpg (Foto: Shutterstock)

Jambu biji bisa dijadikan jus maupun sebagai pelengkap dalam hidangan rujak. Jambu biji ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. Nutrisi yang dimilikinya ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan vitamin C dari buah ini dua kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Hal ini sepertinya jarang diketahui oleh sebagian masyarakat. Seperti dilansir dari Healthline, berikut ini berbagai manfaat jambu biji.

Meningkatkan kesehatan jantung

Ilmuan percaya jika kadar antioksidan yang tinggi dan vitamin pada jambu biji bisa membantu menjaga kesehatan jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larutnya juga diduga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Satu buah jambu biji mengandung 37 kalori dan berbagai kebutuhan serat harian. Sangat cocok dijadikan camilan sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Bagus untuk kesehatan kulit

Beragamnya vitamin dan antioksidan yang dikandung dalam jambu biji sangat bagus untuk kulit. Antioksidan berperan untuk menghindari kerusakan pada kulit, memperlama penuaan, dan mencegah kerutan.

Apalagi daunnya yang dapat mengobati jerawat jika dioskan langsung pada kulit. Studi mengatakan ekstrak daunnya efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Secara keseluruhan, buah dan daun jambu biji dapat menjaga kesehatan kulit.

 Jambu biji bisa dijadikan jus maupun sebagai pelengkap dalam hidangan rujak.

Baca juga: Anggota Keluarga di Rumah Terinfeksi Covid-19, Perhatikan 8 Hal Ini

Meningkatkan imunitas tubuh

Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat bagus dan tinggi. Vitamin C sendiri berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terkait dengan manfaat antimikrobanya, kombinasi ini bisa membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang menyebabkan infeksi.

Melancarkan sistem pencernaan

Jambu biji adalah sumber serat makanan yang baik dan satu buahnya sudah bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Maka dari itu, mengonsumsi lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini