Share

10 Hal yang Perlu Anda Perhatikan saat Nongkrong di Kedai Kopi

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 612 2319266 10-hal-yang-perlu-anda-perhatikan-saat-nongkrong-di-kedai-kopi-WRX58wRbTM.jpg (Foto: Freepik)

Karena suasananya yang nyaman, tak jarang kalangan muda maupun pekerja kantoran memilih kedai kopi sebagai tempat bertemu klien sambil menikmati kopi. Kedai kopi juga menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk berbincang dengan kawan lama, atau bahkan mengerjakan tugas.

Tempat ini juga bisa dijadikan pilihan untuk meeting selain di kantor. Selain itu, kebanyakan kedai kopi sekarang menyediakan akses internet. Sehingga, memudahkan orang terkoneksi untuk mengerjakan pekerjaannya melalui gadget.

Tapi, ada peraturan tak tertulis yang harus Anda perhatikan di dalam kedai kopi. Jaga etika demi kenyamanan bersama dan saling menghargai sesama pengunjung.

Berikut Okezone paparkan hal yang harus Anda patuhi ketika berada di kedai kopi, seperti dilansir dari The Spruce.

1. Jangan menggunakan fasilitas secara gratis

Ketika Anda berniat untuk mengerjakan sesuatu dengan memakai ruang di kedai kopi, lakukan pembelian salah satu menunya terlebih dahulu. Pesanlah kopi sebelum Anda menggunakan ruangan itu.

2. Pilih tempat yang sesuai

Jika Anda sendirian, pilihlah tempat yang kecil, sehingga orang yang datang berpasangan atau berkelompok bisa menggunakan tempat yang lebih besar.

3. Jangan mengambil alih semua kursi

Jika Anda memiliki kursi yang tidak Anda gunakan di meja Anda, tawarkan kepada orang lain yang membutuhkan atau sedang mencari kursi tambahan. Jangan gunakan kursi kosong untuk meletakkan barang Anda seperti laptop atau tas.

 Karena suasananya yang nyaman, tak jarang kalangan muda maupun pekerja kantoran memilih kedai kopi sebagai tempat bertemu.

4. Jangan berantakan

Sebelum meninggalkan tempat, baiknya Anda membersihkan meja yang Anda gunakan. Buang sampah minuman atau makanan ke tempat sampah dan jangan biarkan ada sampah yang jatuh ke lantai.

5. Jangan gunakan kabel sambungan terlalu panjang

Sebaiknya, Anda mengisi penuh baterai laptop atau ponselmu. Jika memang Anda membutuhkan waktu cukup lama dan harus mengisi baterai gadget di kedai kopi, cari tempat duduk di dekat stop kontak. Sehingga, Anda tidak perlu menghubungkan kabel terlalu panjang dan mengganggu pengunjung lain.

Baca juga: Telur Ceplok Bumbu Rujak, Hidangan Spesial untuk Santap Siang

6. Jangan abaikan orang lain

Senyum dan berikan sapaan kepada orang lain, terlebih yang berada di dekat mejamu.

7. Sabar

Tunggu pesananmu hingga datang. Ingatlah, bahwa meracik atau membuat pesananmu membutuhkan waktu terlebih jika pesananmu rumit. Ia juga harus melayani banyak pelanggan.

8. Jangan meminta seseorang untuk mengawasi barang Anda

Jika Anda harus meninggalkan tempat untuk ke toilet, Anda dapat meminta orang lain yang pernah Anda kenal untuk menjaga barang Anda tetapi jangan pernah meminta kepada orang asing. Jika Anda harus meninggalkan kedai kopi untuk waktu yang lama, bawalah barang tersebut bersama Anda.

9. Jangan lupa memberi tip

Tunjukkan bentuk penghargaan Anda kepada barista karena telah menyajikan pesananmu dengan sempurna. Berikan tip dengan murah hati.

10. Jangan terlalu berisik

Jika Anda ingin mendengarkan audio, gunakan headphone atau earphone. Saat Anda bersama teman, berbincanglah dengan suara yang tidak terlalu keras. Ingatlah, bahwa ada orang lain di sekitar Anda yang mungkin membutuhkan ketenangan karena sedang mengerjakan sesuatu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini