Edukasi Anak Pentingnya Buang Sampah dengan Gaya Berpetualang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 612 2319516 edukasi-anak-pentingnya-buang-sampah-dengan-gaya-berpetualang-CHKSX39OOd.jpg Ilustrasi. (Foto: Huffingtonpost)

EDUKASI pentingnya pengelolaan sampah sejak usia dini bisa dilakukan lewat dongeng. Terutama dalam menangani permasalahan sampah plastik di lautan yang begitu meresahkan.

Penulis Seri Dongeng SAMTAKU Mochamad Ariyo Faridh Zidni mengatakan, kepedulian terhadap masalah lingkungan dan mendorong keterlibatan generasi muda untuk mengambil bagian di dalamnya harus dipupuk sejak usia dini. Mereka butuh sarana yang menyenangkan sekaligus mudah dipahami.

 dongeng

"Kami memilih mengembangkannya melalui metode seri dongeng edukasi yang akan menarik minat anak-anak untuk lebih mengerti seputar permasalahan sampah," ucap inisiator gerakan Ayo Dongeng Indonesia, lewat keterangan resminya.

Baca Juga: Kecenya Pevita Pearce Pakai Boots Merah, Netizen: Yang Fotoin Pacar Baru Kan Pev?

Ditambahkan Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto, setiap keluarga harus menciptakan lingkungan yang bersih. Sekaligus mulai memupuk kesadaran pengelolaan sampah bagi anak-anak di Indonesia.

"Ini adalah upaya kami dalam mendukung pertumbuhan anak Indonesia yang hebat dan sehat, yang akan selalu berbuat baik kepada lingkungannya," ungkapnya.

Ada banyak seri dongeng sampah yang bagus untuk si kecil. Karya-karya dongeng tersebut dari Mochamad Ariyo Faridh Zidni dan ilustrator Dewi Tri Kusumah Handayani ini, berbentuk buku cerita bergambar dan video animasi. Ada empat judul yang diperkenalkan, yakni Petualangan Pagi-Pagi; Bahaya Mengancam; Jagoan Beraksi dan Tawa Kemenangan.

Melalui tokoh kakak-beradik Mita dan Dodo, anak-anak diperkenalkan tentang jenis sampah, perjalanannya, serta dampak buruknya jika dibuang sembarangan. Dengan gaya berpetualang, anak-anak juga diajak untuk menjadi pahlawan lingkungan dengan memilah dan membuang sampah pada tempatnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini