5 Alasan Ajarkan Anak Mandiri, Salah Satunya Timbulkan Rasa Syukur

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 612 2319582 5-alasan-ajarkan-anak-mandiri-salah-satunya-timbulkan-rasa-syukur-XADDy998Yr.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

SALAH satu karakter yang perlu orangtua ajarkan kepada anak-anaknya adalah kemandirian. Biarkan mereka melakukan sendiri hal-hal yang baik, namun tetap melakukan pengawasan. Diharapkan dari sikap mandiri ini, anak bisa mendapat pembelajaran berarti.

Orangtua diimbau jangan takut jika anak gagal atau salah. Cukup perhatikan saja anak memperbaiki kekurangannya, memecahkan masalah, dan bangkit lagi. Ini adalah suatu kemajuan dalam diri anak untuk terus tumbuh tangguh.

Baca juga: Ini Bahayanya jika Anak Kecanduan Gadget, Segera DihindariĀ 

Ada sejumlah alasan mengapa orangtua perlu mengajarkan kemandirian terhadap anak-anaknya. Berikut ini di antaranya, sebagaimana dikutip dari Pinkvilla.

1. Memberikan pengetahuan dan pengalaman

Menjalani keinginan semau dia akan memberikannya naluri bertahan hidup dan tanggung jawab. Anak akan bergantung pada seberapa baik mereka menghadapi semuanya sendiri tanpa bantuan siapa pun. Ini akan memberikannya pelajaran dan pengalaman untuk mencapai tujuan.

2. Membentuk kepercayaan diri

Kemandirian akan membawa kepercayaan diri setelah beberapa kali belajar. Mereka akan mulai memercayai diri sendiri tanpa meminta bantuan.

Baca juga: Tak Mau Gigi Anak Cepat Berlubang? Pastikan Melakukan 3 Cara IniĀ 

3. Membuatnya pintar

Dengan dihadapkan rintangan yang perlu diselesaikan akan meningkatkan kemampuan kognitif anak, kecerdasan emosional, dan keterampilan memecahkan masalah.

4. Membuatnya bersyukur

Begitu anak mulai mandiri, mereka akan lebih menghargai sebuah perjuangan dan akan mendorongnya untuk lebih bersyukur.

5. Membuatnya tangguh

Melalui banyak kegagalan, anak akan belajar untuk melakukannya lebih baik lagi dan tidak mengulanginya. Dia akan sadar bahwa masalah seberat apa pun akan bisa dilewati. Ini membuatnya tangguh dan memiliki pemikiran yang optimis.

Baca juga: 5 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Gadget, Orangtua Wajib TerapkanĀ 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini