Ketahui 7 Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 612 2319650 ketahui-7-manfaat-memelihara-tanaman-di-rumah-YFeZCh5Xim.jpg (Foto: Okezone.com)

Semenjak pandemi, rata-rata orang menghabiskan banyak waktu di rumah. Bekerja, sekolah, kuliah pun dilaksanakan secara daring.

Untuk menghilangkan rasa bosan, banyak dari mereka mencoba hal baru. Workout, memasak dengan berbagai resep yang sedang viral di media sosial, atau bahkan memelihara tanaman.

Sudahkah Anda tahu bahwa memelihara tanaman ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut Okezone paparkan manfaat memelihara tanaman di rumah, dilansir dari EcoWatch.

1. Membantu kesehatan mental

Tanaman akan melepaskan oksigen ke udara dan mengambil karbondioksida. Sehingga, udara rumah teratur secara alami. Lebih banyak oksigen membuat tubuh Anda bekerja lebih efektif. Otak Anda merasa tidak terlalu lelah dan keruh, membantu mendukung kesehatan mental Anda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tumbuhan membantu memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan, terutama selama musim flu. Tanaman juga memiliki phytoncides dan bahan kimia di udara lainnya yang dapat membantu mengurangi stres sepanjang hari. Penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa penyakit turun 60% melalui penggunaan tanaman di rumah meskipun tidak semua penyakit.

 

3. Produktivitas meningkat

Saat melihat tanaman, Anda akan mendapatkan inspirasi dan kreativitas baru. Orang yang memiliki dekorasi dan tanaman lebih di rumah/ruang kerja terbukti menjadi lebih produktif.

4. Hubungan menjadi lebih baik

Saat Anda memelihara tanaman, Anda merasa memiliki tanggung jawab karena ada makhluk hidup lain di rumah Anda yang harus dirawat. Akhirnya, Anda ikut merasakan empati terhadap tanaman, yang kemudian dapat menimbulkan rasa kasih sayang dan empati terhadap orang lain dalam hidup Anda.

 Sudahkah Anda tahu bahwa memelihara tanaman ternyata memiliki banyak manfaat.

Baca juga: Kesal dengan Komedo di Hidung? Ini 5 Cara Rumahan untuk Menghilangkannya

5. Meningkatkan kemampuan belajar

Ini tentu terkait dengan produktivitas. Tanaman di rumah membantu meningkatkan fokus dan kejernihan mental, yang membuatnya lebih mudah untuk fokus pada tugas yang ada. Fitonutrien membantu menenangkan pikiran, menciptakan ruang dan lingkungan yang lebih aman bagi mereka untuk belajar.

6. Meningkatkan kualitas udara

Bahan kimia pada tanaman mengatasi polutan di udara dan langsung memperbaiki keseimbangan. Sehingga, Anda akan mendapatkan udara yang lebih aman dan sehat untuk dihirup.

7. Menambah kelembapan

Tanaman melepaskan hampir semua air yang mereka serap. Ini akan membantu meningkatkan kualitas udara dan kesehatan Anda. Jika Anda kesulitan tidur karena udara kering di malam hari, tambahkan tanaman ke kamar tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini