Tahukah Kamu, Ini Penyebab Kucing Takut dengan Air

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 612 2319774 tahukah-kamu-ini-penyebab-kucing-takut-dengan-air-enumaqhXiH.jpg Ilustrasi kucing. (Foto: Kristin Lopez/Unsplash)

KUCING dikenal sebagai hewan yang tenang dan jarang emosi. Tingkahnya yang lucu menjadi salah satu alasn mengapa banyak orang gemar memelihara.

Namun di balik itu tentunya bukan rahasia lagi jika kucing sangat takut dan menghindari air. Hal ini dikarenakan warisan karakter dari leluhur mereka.

Baca juga: 7 Manfaat Memelihara Kucing, Apa Saja? 

Menurut Direktur Yayasan Institut Antrozoologi di Universitas Bristol, John Bradshaw, menyebutkan kucing punya fobia atau ketakutan leluhur untuk menjadi basah.

"Kucing rumahan adalah keturunan dari kucing liar Arab. Nenek moyang mereka tinggal di daerah dengan sedikit perairan. Mereka tidak pernah belajar berenang," kata Bradshaw, seperti dikutip dari Mental Floss, Selasa (1/12/2020).

Baca juga: Benarkah Kucing Suka "Pilih-Pilih" Makanan? Ini Faktanya 

Ketidaksenangan kucing ini kemudian berlanjut ke sensasi fisik yang tidak nyaman ketika disiram. Menurut Bradshaw, bulu berminyak pada kucing tidak dapat meneteskan air sehingga sulit untuk kering dan hangat kembali dalam waktu cepat.

Namun, Bradshaw mengatakan tidak semua kucing menghindari air. Salah satunya adalah kucing Van yang tinggal di dekat Pantai Danau Van, Turki Timur. Induk kucing ini justru mendorong anaknya masuk dan menyelam ke dalam air.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini