Iwet Ramadhan Perkenalkan Batik Sejak Dini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 194 2320530 iwet-ramadhan-perkenalkan-batik-sejak-dini-btBieDzLXI.jpg Iwet Ramadhan. (Foto: Okezone)

MENGAJARI akar budaya bangsa, salah satunya batik, sejak dini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan setiap orangtua. Dengan begitu, si anak sudah mengenal batik dan harapan selanjutnya adalah mencintai bahkan ikut melestarikannya.

Nah, cara yang ditawarkan Iwet Ramadhan untuk mengenalkan batik sejak dini adalah dengan memperlihatkan motif batik di perabotan sehari-hari si anak, salah satunya di botol susunya.

Upaya ini secara tidak langsung mengedukasi si anak mengenai budaya bangsa lewat batik. Kali ini Iwet Ramadhan coba mengenalmkan empat motif batik yang ternyata terkandung makna spesial di baliknya. Keempat motif tersebut ialah motif Padma, Bangau, Kupu-Kupu, dan Awan.

Batik

"Ini adalah motif batik unggulan yang kesemuanya itu memiliki makna luar biasa," terangnya dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Rabu (2/12/2020).

So, berikut ini makna tersembunyi di balik setiap motif batik yang coba dikenalkan Iwet Ramadhan bersama dengan Pigeon:

Motif Padma atau teratai terinspirasi dari proses pertumbuhan tanaman Teratai yang hidup di lumpur dalam air dan dapat bertahan hidup di segala kondisi cuaca maupun keadaan yang akhirnya dapat menghasilkan bunga yang cantik di permukaan air.

 Batik

"Inspirasi motif Padma ini dinilai sesuai dengan kondisi saat ini di mana kita sedang bertahan dari pandemu, namun tetap semangat untuk percaya bahwa pada akhirnya nanti akan ada kehidupan yang indah, layaknya bunga teratai," paparnya.

Lalu, untuk motif Bangau diartikan sebagai simbol kebahagiaan, motif Kupu-Kupu bermakna cinta abadi, dan motif Awan sebagai simbol kebahagiaan dan harapan.

"Lewat motif batik yang indah dan filosofis di dalamnya, itu bisa jadi cara mengenalkan ke generasi penerus tentang indahnya batik," tambah Iwet.

Ia melanjutkan, lewat motif batik yang ada di botol susu, itu tak semata demi hal keindahan saja, tetapi juga memiliki filosofi bagaikan doa terbaik orangtua untuk pertumbuhan buah hatinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini