Resep Soto Betawi Cocok Disantap dengan Nasi Hangat

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 298 2319922 resep-soto-betawi-cocok-disantap-dengan-nasi-hangat-b5LWsVMruN.jpg Soto betawi (Foto : Instagram/@resepdagingsapi)

Soto Betawi sangat cocok disantap saat hujan. Soto Betawi ini merupakan salah satu kuliner khas Jakarta. Soto Betawi memiliki tekstur yang kental dan rasanya yang gurih karena menggunakan santan.

Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat soto ini diantaranya adalah jintan, kemiri, ketumbar, dan pala. Soto ini biasa disantap dengan pelengkap emping, sambai cabai rawit, serta bawang goreng. Selain itu juga tidak lupa juga dengan daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini.

Kali ini kamu bisa membuat soto dirumah juga, tanpa harus keluar untuk membelinya. Penasraan bagaimana cara membuatnya? Berikut resep soto Betawi, di lansir dari Instagram @resepdagingsapi.

Soto Betawi

Bahan:

500 gram daging sapi

500 gram jeroan sapi (saya pakai hati, babat & paru)

1 liter santan (dari 1/2 butir kelapa)

1 liter susu cair (saya pakai ultra plain)

3 lembar daun jeruk

2 batang serai (memarkan)

2 cm kayu manis

2 butir kapulaga

1 butir kembang lawing

1 sdt kaldu sapi (optional)

Secukupnya gula & garam

2 buah tomat (potong kasar)

3 buah kentang (potong sesuai selera)

3 barang daun bawang (iris halus)

Bumbu halus:

10 siung bawang merah

6 siung bawang putih

1 sdt munjung merica butiran

Pelengkap:

Jeruk limau

Sambal rawit

Emping melinjo

Cara membuat:

1. Didihkan air, rebus daging & jeroan secara terpisah selama 10-15 menit, angkat, buang air rebusannya.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, aduk-aduk sampai matang, angkat & sisihkan.

3. Rebus kembali daging dan jeroan, masukkan bumbu yg sdh ditumis, kayu manis, kembang lawang, kapulaga, daun jeruk, serai, garam & gula, aduk rata, masukkan santan dan susu, masak terus sampai daging empuk sambil diaduk supaya santan/susu tidak pecah, matikan api.

3. Angkat daging & jeroan, tiriskan lalu goreng setengah kering, potong-potong, sisihkan. (Bagi yang mengurangi konsumsi minyak boleh langsung disajikan tanpa digoreng lagi).

4. Penyajian: Tata daging, jeroan, kentang rebus & tomat, tuangi kuah soto, taburi daun bawang, bawang goreng & emping melinjo, sajikan dengan pelengkap sambal, acar timun & jeruk limau.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini