Roti Tawar Cokelat Vs Roti Tawar Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 298 2320114 roti-tawar-cokelat-vs-roti-tawar-putih-mana-yang-lebih-sehat-9C1EUxwB6q.jpg Roti tawar cokelat (Foto: Healthsite)

Meningkatnya popularitas biji-bijian membuat sebagian besar dari kita memilih sesuatu yang lebih memiliki banyak nutrisi daripada yang lebih enak rasanya. Faktanya, setiap roti tawar yang terbuat dari biji-bijian memiliki keunggulan nutrisi yang lebih baik dibandingkan jenis roti lainnya.

Hal ini hampir menjadi metode lain dalam diet di kalangan banyak orang. Seperti dilansir dari Healthsite, berikut ini adalah alasan bagaimana roti tawar cokelat mendapatkan reputasi sebagai pilihan yang lebih sehat.

 roti tawar

1. Nutrisi

Roti tawar cokelat lebih bergizi dan merupakan pilihan camilan sehat karena terbuat dari gandum utuh dibandingkan roti putih. Biji-bijian gandum merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kaya akan serat dan dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Roti tawar cokelat juga mengandung lebih banyak nutrisi penting seperti vitamin B-6 dan E, magnesium, asam folat, zink dan mangan. Di sisi lain, roti tawar memang rendah serat tetapi mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan roti cokelat. Anda dapat memilih beberapa roti tawar yang mengandung vitamin dan diperkaya serat.

2. Manufaktur

Proses pembuatan roti tawar putih dilakukan dengan menghilangkan kulit ari dan bibit gandum terlebih dahulu dari tepung terigu kemudian memutihkannya dengan senyawa seperti kalium bromat, benzoil peroksida, dan gas klorin dioksida. Saat terhirup, tertelan atau terserap dalam jumlah besar, senyawa ini bisa menimbulkan banyak gangguan kesehatan.

Di sisi lain, kuman baik dan kulit roti cokelat tidak dibuang saat pembuatan, sehingga nutrisi tetap terjaga utuh.

3. Soal kalori

Roti putih mengandung gula aditif dan memiliki lebih tinggi kalori dibandingkan dengan roti coklat. Jika Anda memilih roti putih ke dalam daftar menu diet Anda, pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari dua potong dalam sehari, baik itu sandwich atau pizza.

4. Indeks glikemik

Makanan dengan indeks glikemik rendah lebih sehat karena tidak menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Roti tawar cokelat memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan dengan roti tawar putih, artinya roti tersebut tidak akan memengaruhi kadar gula darah Anda dan nantinya akan berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.

Hal ini dapat menurunkan berbagai macam risiko seperti, diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

 Baca juga: Wajib Dijalani, 5 Tips Aman Tidak Terpapar Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

5. Tips yang perlu diingat

Tidak semua roti tawar cokelat terbuat dari 100% gandum utuh. Untuk memastikan bahwa Anda membeli roti yang paling bergizi, pastikan Anda membaca tabel gizi dan memeriksa bahan yang ada di dalamnya.

Bahan pertama yang terdaftar harus berupa gandum utuh atau tepung terigu utuh. Jika pada tabel gizi atau komposisi tertulis diperkaya, artinya tepung yang digunakan pada roti sama dengan tepung terigu.

Jika terdapat kandungan karamel di dalam roti berarti itu adalah roti putih yang telah diwarnai menjadi cokelat. Selalu pastikan bahwa roti mengandung bahan sesedikit mungkin untuk memastikan bahwa Anda membeli bahan yang paling sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini