Donald Trump Suka Makanan China, Ini 10 Menu Favorit di White House

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 21:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 298 2320544 donald-trump-suka-makanan-china-ini-10-menu-favorit-white-house-kT9UDa0tok.jpg White House. (Foto: Shutterstock)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump adalah penggemar berat makanan cepat saji. Alhasil, White House yang menjadi kediamannya kerap menyajikan pesta makanan cepat saji yang sesuai dengan kesukaan Trump.

Kabarnya gorengan khas China telah menjadi hidangan favorit di antara makanan cepat saji di White House. Lantas, apa saja makanan China yang paling digemari oleh Trump?

Merangkum dari South China Morning Post, Rabu (2/12/2020), berikut 10 menu favorit di White House.

1. Kacang goreng

Biasanya disajikan dengan anggur, kacang goreng yang ditaburi garam telah menjadi lauk yang umum. Kacang disimpan selama beberapa hari, jadi orang memasak dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam botol tertutup.

2. Small crispy pork (xiaosurou)

Hidangan pembuka ini umum disuguhkan di China bagian utara dan barat daya. Rasa makanan ini bisa luar biasa pekat karena daging babi dilapisi bubuk lada hitam sebelum digoreng. Makanan ini lazim ditemui di restoran hotpot di Sichuan dan Chongqing.

Kacang. (Foto: Amir Ali Ghorbankhani/Unsplash)

Baca juga: Labor Inducer, Burger yang Dipercaya Bantu Wanita Melahirkan Lebih Cepat 

3. Dough stick (youtiao)

Potongan adonan panjang yang digoreng ini adalah salah satu menu sarapan paling populer di China. Teksturnya ringan dan kenyal. Orang-orang di China mengantre sejak pagi hari untuk membelinya. Youtiao biasanya dimakan dengan bubur nasi atau susu kedelai yang dicampur dengan susu. Di daerah Delta Sungai Yangtze dekat Shanghai sering dipotong kecil-kecil dan ditemani dengan kecap.

4. Fried chicken strips

Ini adalah ayam popcorn lokal. Potongan ayam tipis digoreng dan dikemas dalam kantong kertas kecil. Kebanyakan pelanggan meminta juru masak memerciki ayam dengan jintan atau bubuk cabai. Ini adalah salah satu jajanan makanan jalanan paling populer.

5. Deep fried radish (youdunzi)

Kue lobak goreng ini adalah menu sarapan tradisional Shanghai dan makanan ringan jalanan. Banyak kios yang dibuka oleh pasangan lansia yang telah menjalankan bisnisnya selama beberapa dekade. Kue goreng ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan lobak putih dan daun bawang cincang.

Deep fried radish. (Foto: Minikitchenlab)

Baca juga: Mengenal Ayam Cemani, Telurnya Bisa Capai Rp250 Ribu per Butir 

6. Kerupuk udang

Bentuknya seperti keripik kentang, tetapi terbuat dari pati yang dicampur dengan udang. Makanan ini biasa disajikan selama Tahun Baru Imlek dalam pertemuan keluarga. Kerupuk biasanya disajikan dalam berbagai warna.

Baca juga: Minum Teh Tanpa Gula Bikin Lidah Lebih Peka Rasa? Ini Kata Juri MasterChef Indonesia 

Spring roll. (Foto: Dinnerthendessert)

7. Lumpia/spring roll (chunjuan)

Chunjuan dikenal di Barat sebagai lumpia. Isinya termasuk daging dan sayuran. Bahkan ada yang hanya berisi sayuran atau pasta kacang manis.

8. Fried pork chops

Ini adalah makanan yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga Shanghai. Daging babi dilunakkan kemudian dipotong-potong, direndam dalam kecap dicampur dengan garam, anggur, dan bubuk merica. Kemudian ditutup dengan remah roti dan digoreng.

Baca juga: Camilan Kue Putu Ayu Buat Akhir Pekan Tambah Seru, Ini Resepnya Bunda 

9. Serangga goreng

Serangga goreng sangat populer di seluruh Asia. Di China, mereka tidak sulit ditemukan di provinsi barat daya Yunnan dan Guizhou serta Provinsi Shandong Timur. Serangga yang dikonsumsi termasuk jangkrik, belalang, cacing bambu, lipan, laba-laba, kalajengking, dan kepompong ulat sutera hidup.

10. Pisang goreng

Camilan ini berbahan dasar pisang yang dilumuri tepung lalu digoreng hingga kering.

Baca juga: Kaya Kalsium, Ini 8 Manfaat Keju bagi Kesehatan 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini