Wajib Dijalani, 5 Tips Aman Tidak Terpapar Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 09:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 481 2320009 wajib-dijalani-5-tips-aman-tidak-terpapar-covid-19-saat-libur-akhir-tahun-cuG7D7xtCu.jpg Ilustrasi protokol kesehatan ketat cegah covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

LIBUR akhir tahun menjadi salah satu momen yang paling disorot banyak orang. Bukan hanya soal menentukan lokasi wisata, tetapi adanya kekhawatiran terciptanya klaster baru covid-19.

Menjalankan protokol kesehatan secara ketat menjadi hal penting supaya Anda tidak terpapar covid-19. Agar proteksi Anda lebih baik saat berlibur di masa pandemi, Epidemiologi Universitas Indonesia Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono MSc memberikan lima tips aman berlibur minim risiko terpapar covid-19. Berikut ulasannya:

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, Jangan Pilih Lokasi Wisata di Zona Merah Ya! 

1. Pakai masker dengan benar

Menghindari percikan air liur saat berbicara menjadi hal penting dan mendasar saat Anda berlibur. Terkait masker yang direkomendasikan, dr Tri menjelaskan bahwa masker kain hanya 70 persen melindungi Anda, masker bedah 80 sampai 90 persen, dan masker N95 yang paling aman.

Protokol kesehatan cegah covid-19.

2. Hindari kerumunan

Saat berlibur, usahakan untuk menjauh dari kerumunan karena dapat meningkatkan risiko terpapar covid-19. Ini terjadi karena Anda tidak mampu menjaga jarak dengan wisatawan lain akibat banyaknya orang.

3. Pilih lokasi wisata di zona hijau

Agar wisata Anda lebih aman, maka pilih lokasi yang berada di zona hijau. Usahakan untuk tidak atau menghindari memilih zona merah karena risiko terpapar covid-19 di wilayah tersebut sangat tinggi.

Baca juga: Viral Hotman Paris Terapi Minyak Kayu Putih dari Teko Panas, Netizen: Awas Kena Bibir 

4. Lebih baik datangi tempat wisata outdoor

Selain zona hijau, dr Tri menyarankan juga agar Anda memilih lokasi wisata outdoor seperti pantai, gunung, atau area permainan outdoor lainnya. Sebisa mungkin jangan memilih lokasi wisata dalam ruangan atau tidak ada cahaya matahari atau tidak terciptanya sirkulasi udara yang baik.

5. Pastikan Anda fit

Ini sangat penting. Jangan pergi berlibur kalau Anda merasa sedang tidak enak badan. Ingat, jangan memaksakan perjalanan hanya karena anggapan 'momen yang susah terulang kembali' atau 'sudah terlanjur buat janji'. Anda sekarang berlibur di masa pandemi, bukan di waktu normal.

Baca juga: Cek Fakta, Vaksin Covid-19 Bisa Ubah DNA Manusia? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini