Makan Berlebihan dalam Satu Waktu, Berapa Banyak Berat Badan Bertambah?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 481 2320162 makan-berlebihan-dalam-satu-waktu-berapa-banyak-berat-badan-bertambah-cscMENokvG.jpg Ilustrasi berat badan naik. (Foto: Inlifehealthcare)

SETIAP orang pasti pernah merasakan makan berlebihan dalam satu waktu. Lalu muncul kekhawatiran berat badan akan langsung naik. Apakah benar bisa terjadi secepat itu?

Dikutip dari Times of India, Rabu (2/12/2020), dinilai tidak mungkin menambah berat badan dengan makan berlebihan satu kali. Apalagi jika memerhatikan fluktuasi berat badan terutama disebabkan retensi air dari mengonsumsi garam yang berlebihan.

Baca juga: 7 Cara Mengerem Diri agar Tak Makan Berlebihan saat di Rumah Aja 

Jika Anda melakukan penghitungan, maka 453 gram (1 pon) lemak tubuh sama dengan 3.500 kalori. Jadi untuk menambah berat badan 500 gram, Anda harus mengonsumsi 3.500 kalori dalam satu waktu. Ini akan menjadi jumlah makanan yang sangat banyak dan tidak mungkin dimiliki seseorang dalam satu waktu.

Anda mungkin pernah mendengar kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka bertambah 5 kilogram selama musim liburan. Namun kenyataannya, kebanyakan orang hanya bertambah 1 kg.

Ilustrasi makan berlebihan. (Foto: Stevepb/Pixabay)

Berdasarkan studi terbaik yang diterbitkan New England Journal of Medicine, seseorang hanya bisa mendapatkan 1 kg selama periode liburan enam minggu. Hanya kurang dari 10 persen orang yang terlibat dalam penelitian ini memperoleh sekira 2 kg selama waktu tersebut.

Baca juga: Sering Kalap, Ini 5 Tips Berhenti dari Kebiasaan Makan Berlebihan 

Makan berlebihan sekali tentu tidak menyebabkan penambahan berat badan, tetapi dapat menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan retensi air. Jadi yang terbaik adalah makan dalam jumlah sedang.

Anda tidak perlu merasa bersalah dengan makan berlebihan dalam satu waktu karena tidak akan memengaruhi berat badan. Namun, jangan menjadikannya kebiasaan.

Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan masalah terkait perut setelah makan berlebihan seharian. Di antaranya adalah:

- Minum banyak air

Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga tetap terhidrasi. Ini membantu Anda mengatasi masalah kembung, meningkatkan mood, dan menyeimbangkan nafsu makan.

Baca juga: Cek Fakta, Benarkah Aligner Lebih Efektif Ratakan Gigi Dibanding Behel? 

- Makan makanan kaya serat

Makan makanan kaya serat setelah mengonsumsi makanan berlemak dan pedas dapat meredakan kembung dan sembelit. Probiotik, lemon, bayam adalah beberapa pilihan makanan yang baik. Selain itu, cobalah untuk menghindari minuman manis keesokan harinya.

- Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan rasa bersalah dan membakar kalori. Libatkan beberapa aktivitas fisik ringan seperti lari atau joging.

Baca juga: Roti Tawar Cokelat vs Roti Tawar Putih, Mana yang Lebih Sehat? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini