4 Manfaat Edamame untuk Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Kolesterol

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 481 2320249 4-manfaat-kacang-edamame-untuk-tubuh-salah-satunya-mengurangi-kolesterol-1CDskUHNtG.jpg Kacang edamame. (Foto: Takedahrs/Pixabay)

KACANG edamame yang berwarna hijau sebenarnya adalah kacang kedelai yang dipetik sebelum matang. Biasanya dijumpai sebagai bahan tambahan di berbagai kudapan atau sebagai camilan saja.

Tidak disangka kacang edamame yang kecil ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebenarnya kacang ini termasuk kontroversial karena bisa mengganggu fungsi tiroid beberapa orang. Meski begitu, kacang edamame tergolong aman.

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Kedelai Muda untuk Kesehatan 

Penasaran manfaat apa saja yang ada di kacang edamame? Berikut ini empat di antaranya yang perlu kamu ketahui, sebagaimana dikutip dari Healthline.

Kacang edamame. (Foto: Shutterstock)

1. Tinggi protein

Kacang kedelai adalah sumber protein utuh, begitu pula kacang edamame. Sebanyak 155 gram kacang edamame memberikan sekira 18,5 gram protein. Kacang ini memiliki asam amino esensial yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh manusia.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Kacang edamame diperkaya protein, antioksidan, dan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Walaupun belum pasti apakah bisa memengaruhi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 6 Manfaat Kacang Kenari, Salah Satunya Cegah Kanker Payudara 

3. Tidak meningkatkan gula darah

Memakan edamame tidak menaikkan gula darah. Kacang ini rendah karbohidrat dan lebih banyak protein serta lemak. Cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Kaya vitamin dan mineral

Nyatanya kacang edamame mengandung vitamin K dan folat lebih banyak daripada kacang kedelai. Selain kaya vitamin dan mineral, kacang ini juga tinggi serat.

Baca juga: Deretan Khasiat Kacang Tanah, Salah Satunya Bantu Mengatur Gula Darah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini