7 Tips Merawat Kulit, Hindari Air Panas hingga Program Diet

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 481 2320514 7-tips-merawat-kulit-hindari-air-panas-hingga-program-diet-sxG3Hu77Gc.jpg (Foto: Menshealth)

Perawatan kulit bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita. Perawatan kulit perlu memperhatikan terkait bagaimana kulit terhidrasi dengan baik hingga istirahat yang cukup.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin merawat kulit, seperti dikutip Thehealthsite.

Menghidrasi Kulit

Hidrasi dapat menutrisi kulit dan membuatnya bersinar sehat. Jika kulit kekurangan cairan atau dehidrasi akan membuatnya kering dan bersisik.

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda cenderung memperlambat produksi kolagen, yang penting untuk elastisitas kulit. Minum lebih banyak air akan membantu produksi kolagen dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Jadi, air harus menjadi bagian penting dari perawatan kulit Anda.

Pembersihan

Menggunakan pembersih sangat penting untuk meremajakan kulit. Cara terbaik adalah dengan menggunakan pembersih ringan yang tidak mengeringkan jika Anda memiliki kulit kusam.

Hal ini akan membantu Anda menjaga pori-pori tetap bersih tanpa menghilangkan minyak alaminya. Pembersihan rutin dapat membantu kulit Anda terlihat bercahaya dan sehat. Selain itu, dapat mendorong hidrasi kulit yang tepat dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Hindari air panas

Musim dingin semakin dekat dan Anda mungkin tergoda untuk mandi air panas. Tapi hindari mencuci muka dengan air panas. Ini akan mengupas minyak alami kulit Anda dan membuatnya kering.

Tidak hanya akan membuat kulit Anda menderita, tetapi juga membuat riasan Anda terlihat seperti kue.

 Perawatan kulit bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita.

Masker wajah DIY

Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di salon untuk membuat kulit Anda terlihat sempurna. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan alami untuk memiliki kulit yang bercahaya.

Berikut beberapa masker wajah DIY untuk kulit Anda:

- Masker wajah lidah buaya: Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, 2 sendok makan krim susu, dan sejumput kunyit. Buat pasta sampai menjadi kental dan oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

- Masker wajah besan: Campurkan 2 sendok makan besan atau tepung kacang buncis, 1 sendok makan krim susu, dan satu sendok teh jus lemon. Oleskan pasta di wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit dan bersihkan dengan air dingin.

- Masker wajah mentimun: Yang harus Anda lakukan adalah memarut mentimun dan menggilingnya sampai halus dan menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air. Hal ini dapat melembapkan kulit Anda dengan baik.

Baca juga: Martabak Tahu, Camilan Murah yang Gurih Abis!

Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat mengeluarkan semua racun dari kulit Anda, sehingga pori-pori Anda tidak tersumbat atau sehat. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah masalah kulit. Berolahraga 30 menit, 5 hari seminggu dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Program Diet

Anda pasti sering mendengarnya berkali-kali tentang diet dapat menjaga kulit, dan ya, itu benar sekali. Makan makanan yang seimbang dan sehat serta kaya akan nutrisi adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat bercahaya.

Hindari gorengan berlebih yang dapat menyebabkan jerawat dan kusam. Jadi, sebisa mungkin jaga kulit Anda dengan makan makanan yang kaya nutrisi penting seperti protein, serat, mineral, vitamin, dan lain sebagainya.

Istirahat Cukup

Istilah ‘tidur cantik’ sering terdengar dan bukan tanpa alasan! Tidur 7-8 jam penting untuk membantu kulit Anda rileks. Setiap kali Anda tidur, kulit membangun kembali kolagen dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Tidur yang cukup merupakan cara untuk mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini