Beautypedia, Apa Itu Lipstik?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 611 2320292 beautypedia-apa-itu-lipstik-N4OMQYnGYZ.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Lipstik identik digunakan oleh wanita, walaupun ada juga beberapa pria yang menggunakannya. Lipstik dapat memberi perubahan pada warna asli bibir Anda dalam sekejap. Makanya, tak heran jika lipstik menjadi benda yang wajib ada saat Anda mengenakan makeup.

Melansir Byrdie pada Rabu (2/12/2020), lipstik digunakan sebagai pemulas bibir untuk mendapatkan warna bibir sesuai yang Anda inginkan. Jika dahulu lipstik identik dengan warna merah, kini telah banyak bermunculan lipstik dengan warna-warna nude, atau bahkan bold seperti ungu dan hitam.

Lipstik

Bahan pembuat lipstik dapat sangat bervariasi, tetapi beberapa bahan teratas yang perlu diperhatikan adalah lilin, minyak, dan pelembab. Lilin yang digunakan dapat mencakup tempat lilin, lilin lebah, dan karnauba, yang sangat dihargai karena kemampuannya untuk mempertahankan bentuk dan menahan pelelehan atau noda.

Minyak yang terdapat dalam kandungan lipstik pun dapat mencakup apa saja. Mulai dari minyak mineral dan minyak zaitun, hingga minyak yang diturunkan dari hewan seperti lanolin.

Dari Mesir kuno hingga abad ke-19 di Eropa dan AS, serangga yang dihancurkan adalah salah satu bahan lipstik yang paling umum karena beragam warna cerah yang ditawarkannya.

Baca Juga : 5 Tips Pakai Lipstik Merah agar Bibir Nampak Sensual

Meskipun sebagian besar telah berhasil kita hindari dari pembasmi serangga, bahan-bahan seperti lanolin, juga disebut "minyak wol" atau "lilin wol", masih umum digunakan. Bahan lain yang sering digunakan untuk meningkatkan kilau lipstik adalah sisik ikan.

Baru-baru ini pada 2007, bahan-bahan yang beracun seperti timbal merupakan bahan yang umum dalam lipstik. Untungnya, waktu sedang berubah, tetapi sebaiknya Anda mencari tahu daftar bahan dan standar keamanan suatu merek saat berikutnya Anda mengunjungi konter riasan.

Karena kosmetik dan tuntutan konsumen telah berkembang, pilihan yang lebih sehat dan lebih sadar sosial telah meningkat. Kini telah tersedia lipstik vegan dengan membuktikan bahwa komposisi yang bersih tetap dapat menghasilkan tampilan yang mewah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini