Jelang Libur Akhir Tahun, Jangan Pilih Lokasi Wisata di Zona Merah Ya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 612 2319983 jelang-libur-akhir-tahun-jangan-pilih-lokasi-wisata-di-zona-merah-ya-Dcw9CtUbKG.jpg Ilustrasi pencegahan covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

MENJELANG libur akhir tahun, banyak dari Anda mungkin sudah merencanakan perjalanan. Pandemi covid-19 sepertinya tidak menjadi penghalang Anda dan orang terkasih untuk menutup tahun 2020 penuh peristiwa ini dengan kegiatan menyenangkan.

Nah, jika itu adalah rencana Anda di libur panjang mendatang, maka perlu memerhatikan beberapa hal. Sebab, perjalanan liburan di masa pandemi dapat menjadi klaster baru persebaran covid-19. Tentunya Anda dan orang terkasih tidak ingin kan momen bahagia itu malah menjadi malapetaka karena terpapar virus mematikan?

Baca juga: Viral Hotman Paris Terapi Minyak Kayu Putih dari Teko Panas, Netizen: Awas Kena Bibir 

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono MSc mengimbau agar masyarakat yang ingin berlibur panjang di akhir tahun untuk memilih lokasi wisata yang terletak di zona aman, yakni zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Tentukan tempat mana yang akan dituju dan pastikan lokasi wisatanya berada di zona hijau, sehingga Anda dan orang terkasih tidak terpapar covid-19," kata dr Tri dalam talkshow 'Imun Kuat Libur Panjang Aman' beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cek Fakta, Vaksin Covid-19 Bisa Ubah DNA Manusia? 

Ia menjelaskan bahwa pemilihan lokasi wisata yang aman harus menjadi prioritas, karena jika memilih lokasi wisata di zona merah, risiko terpaparnya sangat tinggi. Namun jika terpaksa liburan di zona merah, Anda wajib menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

"Mau jalan ke mal atau ke mana pun jika itu di zona merah, maka berisiko. Makanya jangan lupa pakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak setidaknya 2 meter dengan pengunjung lain, dan hindari kerumunan," terang dr Tri.

Dirinya pun menyarankan bila Anda dan orang terkasih ingin pergi ke luar kota, ada baiknya rapid test covid-19 sebelum jalan. Jika hasilnya negatif, maka dipersilakan menuju destinasi dengan acuan memilih lokasi wisata di zona kuning atau hijau.

Baca juga: Deretan Fast Food Sehat, Cocok untuk Menguatkan Imunitas 

Tidak hanya itu, pemerintah daerah juga harus konsisten dengan status zona wilayahnya. Jika masih dalam zona merah atau oranye, sebaiknya jangan membuka fasilitas umum.

"Dulu waktu pandemi buka tempat wisata, saya anjurkan zona merah jangan, tapi susah. Harusnya semua provinsi, kabupaten/kota, konsisten dengan zonasinya. Kalau masih merah, jangan buka fasilitas publik," tegasnya.

Baca juga: Bantu Remaja Cerebral Palsy, Justin Timberlake Belikan Mobil Van 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini