Kesal Teman Suka Ngomong Kasar, Begini Cara Menghadapinya

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 612 2320326 kesal-teman-suka-ngomong-kasar-begini-cara-menghadapinya-p4RPdaqklz.jpg Nongkrong dengan teman-teman (Foto: Go Banking Interest)

Apakah saat Anda sedang nongkrong bersama teman baik Anda, Anda menemukan teman Anda sering sekali bicara kasar. Akibatnya Anda kesal, bahkan malu.

Nah, untuk menghadapi teman yang suka ngomong kasar ada tipsnya. Anda tak perlu langsung marah-marah.

Namun ikuti beberapa tips berikut yang dilansir dari Wikihow. Apa saja?

 nongkrong di kafe

1. Tunjukkan ketidaknyamanan Anda

Tunjukkanlah ketidaknyamanan Anda saat teman ngomong kasar. Beritahu juga bahwa perasaan ini bukan ditujukan pada dia tapi bahasa-bahasa kasarnya. Awali percakapan dengan sesuatu yang positif dahulu. Seperti mengakuinya bahwa dia adalah teman terbaik Anda lalu Anda membutuhkan pengertiannya untuk berhenti mengumpat.

Karena sering ngomong kasar dan mengumpan itu tak baik untuk diri Anda saja, namun juga untuk dirinya sendiri. Tawarkan juga bantuan untuk membantu dia keluar dari kebiasaan buruk ini.

 

2. Buat batasan

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan umpatan tertentu, misalnya menyangkut SARA atau pelacur, beritahu dia bahwa Anda tidak akan mentolerir makiannya tersebut. Jangan hindari dia sepenuhnya, tapi katakanlah bahwa itu sangat mengganggu Anda.

Baca juga: Wajib Dijalani, 5 Tips Aman Tidak Terpapar Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

3. Saling komitmen

Anda harus memegang komitmen awal untuk membantunya berhentimemaki-maki atau ngomong kasar. Memang diperlukan waktu karena ini sudah menjadi kebiasaan buruk.

Namun pasti ada cara untuk mengubah kebiasaan jika memang sudah niat. Ingatkan dia betapa dia itu manusia yang berharga sehingga dia harus bersikap layaknya orang yang pantas dihargai dengan mengurangi ngomong kasar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini