Anak Bosan Belajar dari Rumah? 6 Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 612 2320379 anak-bosan-belajar-dari-rumah-6-cara-ini-bisa-jadi-solusinya-vng76tpZDg.jpg Ilustrasi belajar dari rumah. (Foto: ZapCulture/Pixabay)

BERBEDA dari biasanya, metode belajar dari rumah secara daring diterapkan selama masa pandemi virus corona (covid-19). Siswa dan guru melakukan kegiatan belajar-mengajar dari jarak jauh. Mereka menggunakan aplikasi belajar atau memberikan materi melalui video conference.

Maka itu, perlu dicari cara agar kegiatan pembelajaran tetap bisa berjalan dengan nyaman dan efektif walaupun dari rumah. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi anak-anak. Pasalnya, bisa membuat mereka tidak bosan karena selama beberapa bulan terakhir ini melakukan segala aktivitas di rumah saja.

Baca juga: 6 Cara Alami Cegah Diabetes, Minum Air Putih hingga Konsumsi Makanan Berserat 

Berikut tips agar anak-anak bisa nyaman dan efektif belajar dari rumah, seperti dilansir dari Psychology Today, Rabu (2/12/2020).

1. Tentukan tempat nyaman untuk belajar

Baik di ruang tidur maupun ruang keluarga, pilih tempat yang membuat anak nyaman saat mengerjakan tugasnya. Pastikan cahaya yang masuk ke ruangan cukup. Ubah latar belakang tempat mereka belajar untuk menambahkan kesan rapi.

2. Lakukan rutinitas seperti ingin ke sekolah

Tetap berikan sarapan terlebih dahulu, mandi, dan mengganti pakaian. Lakukan kebiasaan layaknya ingin ke sekolah seperti biasanya.

Baca juga: Kesal Teman Suka Ngomong Kasar, Begini Cara Menghadapinya 

3. Perlindungan leher dan mata

Jaga posisi saat ia belajar. Sejajarkan tinggi kursi, juga layar laptop dengan mata. Atur jarak setidaknya 30 sentimeter dan setiap 20 menit mata anak Anda harus berpaling dari layar sejenak.

4. Beri waktu istirahat

Seperti halnya saat belajar di sekolah, berikan ia waktu untuk istirahat. Siapkan makanan dan air mineral yang cukup. Jika dia bosan, biarkan berpindah ruangan untuk melanjutkan tugasnya.

5. Gunakan kursi yang sesuai

Berikan kursi dengan lengan dan penyangga pinggang. Hal ini mencegah masalah punggung pada anak Anda.

6. Bimbing dengan baik

Ajari perlahan sampai ia memahami materi. Bantu dan awasi dalam penggunaan gadget.

Baca juga: Yuk Bikin Tongseng Sapi Pedas Manis, Dijamin Menggugah Selera 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini